PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BARUSIL
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran barusil, untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami materi bangun ruang sisi lengkung pada mata pelajaran matematika kelas IX di SMP Negeri 2 Cisauk. Metode penelitian yaitu R & D berdasarkan model Hannafin & Peck, dengan 3 tahap yaitu: tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan angket. Subjek penelitian 25 orang siswa kelas IX SMP Negeri 2 Cisauk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran barusil yang dikembangkan sangat cocok digunakan sebagai media dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung. Nilai rata-rata validasi ahli materi sebesar 90% tergolong sangat layak, sedangkan nilai rata-rata validasi pakar media sebesar 89%, dikatakan sangat layak. Hasil penggunaan media video pembelajaran barusil mendapat respon positif dari siswa, dengan rata-rata tingkat skor 82% menunjukkan sangat layak. Jadi media video pembelajaran barusil yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran, Pembelajaran Barusil, Video, Video Barusil
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggara, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Man 1 Garut. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 4(2), 43-48. https://doi.org/doi.org/10.55642/taveij.v4i2.673
Arista, A., Fuad, M. K., & Muharrom, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2. proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/709
Bangun, A. A. R., Simanjuntak, R. M., & Hutauruk, A. J. B. (2023). Efektivitas Video Pembelajaran Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Program Linear di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barusjahe T.A. 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 1624–1636.
Dayutiani, G. S., & Fitrianna, A. Y. (2021). Analisis Keefektifan Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP di Masa Pandemi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1723–1730. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.p%p
Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Khalisa, A. M., Herlina, S., & Yolanda, F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 128–136. https://doi.org/doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(2).9371
Marfu’ah, S. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54.
Miarso, P. D. Y. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Mohamad, N., Panigoro, M., Gani, I. P., Mahmud, M., Damiti, F., Tambengi, W. M., & Kasim, M. (2024). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII A di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Journal of Economic and Business Education, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.37479/jebe.v2i3.26096
Motoh, T. C., Hamna, & Kristina. (2022). Penggunaan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tolitoli. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 1(1), 1–17.
Nasir, T. M. (2024). PENERAPAN MODEL HANNAFIN DAN PECK UNTUK MENGUKUR PENERIMAAN DAN KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI: Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kreatif dan inovatif , Model Hannafin dan Peck. IJNU: Indonesian Journal of Nahdlatul Ulama, 1(2), 167–174.
Nugraha, A., & Nestiyarum, Y. (2021). Modul 09 pembuatan media video pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta : PUSDATIN KEMENDIKBUD. id.scribd.com/document/509610140/MODUL-09-Pembuatan-Media-Video-Pembelajaran
Nur Azmi Alwi & Putri Lestari Agustia. (2024). Penggunaan Media Vidio Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 183–190. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3095
Saputra, P. M. I., & Putra, S. N. Kt. D. (2021). (PDF) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck pada Muatan IPA Kelas IV. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1). https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=19009
Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 195. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Ummar, S. (2023). Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas X SMK Negeri Pertanian 1 Sukaraja. Utile: Jurnal Kependidikan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.37150/jut.v9i2.2235
Usman, B., & Asnawir. (2022). Media pembelajaran. Jakarta : Ciputat Pers. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=21451
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Yuniarti, V., Siska, J., & Fitria, Y. (2023). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK SMP Negeri 08 Seluma. Computer and Informatics Education Review, 4(2), 20–24. https://doi.org/doi.org/10.33258/cier.4022023.4462.20-24
Yusri, & Yamlean, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPS di SMP Terpadu Ibnu Muay. Computer and Informatics Education Review, 4(2). https://doi.org/doi.org/10.33258/cier.4022023.4462.20-24
Zahro, U. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif pada Siswa | Karimah Tauhid. Karimah Tauhid, 3(5). https://doi.org/doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13294
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v8i1.508
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











