Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Menggunakan Model PBL Berbasis Media Realistik

Siti Khayroiyah, Ramadhani Ramadhani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika menggunakan model PBL berbasis media realistik dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksankan di SMP Muhammadiyah 25 Rantauprapat tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian ini terbagi dua kelas, kelas ekperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, siswa menggunakan model PBL berbasis media realistik dan kelas kontrol menerapkan metode konvensional. Dalam menganalisis penelitian ini menggunaka uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini di peroleh t hitung = 3,97 dan t tabel = 2,00. Karena t hitung > t tabel, maka peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan model PBL berbasis media realitik lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional

Full Text:

PDF

References


Anisa, W.N. (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Ko munikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro ISSN 2442-5419 Vol. 4, No. 2. hal. 42-52

Hamidah. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Bhineka

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 52-59.

Panjaitan, D. J., & Firmansyah, F. (2018, April). PELATIHAN PENGOLAHAN DATA STATISTIK DENGAN MENGGUNAKAN SPSS. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN (Vol. 1, No. 1, pp. 38-45).

Sapta, A. (2016). Publication of The Assessment Learning Outcomes Through Social Media.

Sugiyono. (2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabet




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v1i2.44

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah