PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINJAI
Abstract
Dalam pendidikan terdapat beberapa mata pelajaran di sekolah, salah satunya adalah matematika. Matematika merupakan ilmu yang bersifat universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Jadi, diharapkan dalam proses belajar mengajar, keaktifan siswa dapat ditingkatkan lagi sehingga motivasi dan prestasi belajarnya meningkat. Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat didukung dengan berbantuan kahoot. Kahoot merupakan sebuah permainan berbasis platform pembelajaran gratis sebagai teknologi Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen Paldal kelals eksperimen diteralpkaln model pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning sedalngkaln paldal kelals kontrol halnyal diteralpkaln model pembelaljalraln bialsal daln paldal alkhirnyal kedual kelompok alkaln diberikaln tes kemalmpualn berpikir kreatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan kahoot lebih baik daripada siswa yang diberi model pembelajaran biasa. Hal ini dilihat berdasarkan dari nilai rata-rata posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu nilai 28,365>2,001.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v8i1.362
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











