Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Melalui Berpikir Kreatif
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ansharullah. 2011. Pendidikan Islam Berbasis Kecerdasan Jamak Multi Intelligences Jakarta: STEP “System Technique of English Program.
Afriawan, Muhamad, Achmad Binadja, Latifah. 2012. Pengaruh Penerapan Pendekatan SAVI Bervisi SETS pada Pencapaian Kompetensi Terkait Reaksi Redoks. Unnes Science Education Journal. Vol 1(2). [Online] Diakses dari http://scholar.google.co.id/ pada 31/01/2018 pukul 18.35
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajriyah, dan Supardi. 2015. “Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Matematika” dalam Leonard (Ed.) Eduresearch Raise the Standard. Jakarta: Unindra Press ( hal. 1 – 24).
FatmawatidanDadiRusdiana. 2015. Study LiterasiPengaruhPenerapanPembelajaran Model SAVI yang MenggunakanMetodeBrain StromingterhadapKonsistensidanPeningkatanKemampuanKognitifSiswa. Prosiding Seminar NasionalFisika (E-Journal), Vol. IV hal. 123-128. Diaksesdarihttp://www.snf-unj.ac.id/files/2114/4620/0912/SNF2015-I-123-128.pdf. Tanggal 19 September 2016, pukul 07.00 WIB.
Haerudin.2011. PenerapanMetodeSAVIdenganPendekatanInduktifdanPeningkatanBerpikirkreatifMatematis.Prosiding Seminar NasionalMatematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 1: 287-291.
________. 2013. Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa SMP.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2(2). Hal. 183-193.
Hendriana, Heris, Euis Eti Rohaeti, Utari Sumarmo. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : PT Refika Aditama.
Kurniawati, Siska, Sri Hastuti Noer, dan Haninda Bharata. 2015. Ektivitas Discovery Learning ditinjau dari Pemahaman Konsep dan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Universitas Sumatera Utara Vol. 1(1) Hal. 19-27 [online] Diakses di www.portalgaruda.org. Pada 11/02/2017 pukul 19.47
Meika, Ika. 2013. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Konflik Kognitif pada Materi Turunan Fungsi. Thesis UNPAS. [Online]. Diakses dari https://reposirory.unpas.ac.id/9467/ pada 31/01/2018 pukul 19.25
Marliani, Novi. 2015. PeningkatanKemampuanBerpikirKreatifSiswamelalui Model PembelajaranMissouri Mathematics Project (MMP).JurnalFormatif, 5(1): 14-25.
Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Putra, Tomi Tridiya, dkk. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah.Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 22-26.
Putra, Harry Dwi. 2013. Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan SAVI Berbantuan Wingeom untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 1. [Online]. Diakses dari http://scholar.google.co.id/ pada 30/01/2018 pukul 18.15
Rahmawati, Desy, Pentatito Gunowibowo, Arnelis Djalil. 2015. Efekivitas Model Discovery Learning ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. Vol. 3, No. 4. [Online]. Diakses di www.jurnal.fkip.unila.ac.id pada 29/03/2017 pukul 20: 54
Sardiman. 2014. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutikno, M. Sobry. 2014. Metodedan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Sufi, FauziahLaili, HanindaBharata, RiniAsnawati. 2015. PerbandinganPemahamanKonsepMatematis Antara Model PembelajaranKooperfatiftipe TTW dan NHT. JurnalPendidikanUniversitas Lampung. Vol 3, No. 2. [Online]. Diakses di www.jurnal.fkip.unila.ac.idpada 06/04/2017 pukul 19.55.
Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v1i2.28
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











