Pembelajaran Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa karena komunikasi merupakan bagian yang sangat penting pada proses pembelajaran matematika. Komunikasi matematis adalah kemampuan menyusun dan mengkonsolidasikan berfikir matematis siswa melalui komunikasi; mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren dan jelas kepada siswa lain, guru, dan lainnya; menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematik secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar; mendengarkan, berdiskusi, dan menulis tentang matematika; mengungkapkan kembali suatu uraian atau paragraf matematika dalam bahasa sendiri; dan membuat model matematika berdasarkan ide yang diperoleh. Pembelajaran kontekstual merupakan suatu inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa. Pembelajaran kontekstual menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran siswa belajar dari masalah nyata yang diberikan secara berkelompok dan menemukan solusi masalah tersebut secara mandiri. Langkah pembelajaran pembelajaran kontekstual yang melibatkan kelompok siswa dipacu untuk berkomunikasi dengan temannya. Demikian pula pada saat mempresentasikan hasil kelompok siswa dituntut untuk berkomunikasi dengan teman dan guru. Beberapa penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kontekstualmenunjukan kelebihannya dengan menunjukkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual yang ditinjau berdasarkan ketuntasan hasil belajarsiswa.
Full Text:
PDFReferences
BSNP. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SD/MI dan SMP/Ms (Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006). Jakarta: BSNP, Depdiknas.
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v1i2.26
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











