Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfiyah, N. (2014). Identifikasi Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. MATHEdunesa, 3(2).
Amir, M. F. (2015). Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2).
Ardila, C., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2012). Hubungan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1–9.
Armstrong, P. (2016). Bloom’s taxonomy. Vanderbilt University Center for Teaching.
Athanassiou, N., & Mcnett, J. M. (2003). Critical Thinking In The Management Classroom : Bloom’s Taxonomy As A Learning Tool. Journal of Management Eduation, 27(5), 533– 555
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50-56.
Chairani, Z. (2016). Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Deepublish.
De Porter, B. dan Hernacki, M. (2003). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (Terjemahan Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa
Flavell, J. H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive–developmental inquiry. American psychologist, 34(10), 906
Flavell, J. H. (1981). 11 Monitoring social cognitive enterprises: something else that may develop in. Social cognitive development: Frontiers and possible futures, 1, 272.
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Hacker, D.J. & Dunlosky, J. (2003). Not all metacognition is created equal. New Directions For Teaching And Learning, 95, 73-79
Jacobs, J. E., & Paris, S. G. (1987). Children's metacognition about reading: Issues in definition, measurement, and instruction. Educational psychologist, 22(3-4), 255-278.
Jager, B., Jansen, M., & Reezigt, G. (2005). The development of metacognition in primary school learning environments. School Effectiveness and School improvement, 16, 179-196
Karim, Abdul. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Formatif 4(3): 188-195
Khoirunnisah & Yusmaita, E. (2019). Analisis Kurikulum 2013 pada Kompetensi Inti 3 Kelas XII SMA Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif dan Pengetahuan. Edukimia Journal, 15 (1), 554-558
Lubis, N. H., Pulungan, P. S. A., & Fauzi, A. K. M. S. (2017). Model Eliciting Activities (MEA) Application in Online Group Discussion for Mathematics Learning. International Journal of Science and Research, 6(7).
Mayasari, D. (2019). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Hipocrates. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 34-39.
Nazarieh, M. (2016). A brief history of metacognition and principles of metacognitive instruction in learning. BEST: Journal of Humanities, Arts, Medicine and Sciences, 2(2), 61-64.
Nurvita, N., Sinaga, B., & Mukhtar, M. (2019). Analisis Kesulitan Metakognisi Dan Koneksi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di SMP N 1 Lawe Bulan Aceh Tenggara. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1).
Rahmawati, A., Ariyanto, J., & Sari, D. P. (2018). Profil Komposisi Jenis Dimensi Pengetahuan dalam Kegiatan Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi di Kelas XI MIPA SMA X Surakarta. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning yang diselenggarakan oleh FMIPA UNS, Oktober 2018. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.
Richardo, R., Mardiyana, M., & Sari, D. R. (2014). Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas IX MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(2).
Richardo, R., & Martyanti, A. (2019). Developing ethnomathematical tasks in the context of yogyakarta to measure critical thinking ability. In Journal of Physics: Conference Series . 1188(1).
Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. (2021). Strategi meminimalkan beban kognitif eksternal dalam pembelajaran matematika berdasarkan load cognitive theory. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 17-32.
Richardo, R., Eliana, H. U., Anisah, N. K., & Aisyah, N. A. (2021). Pendampingan Guru-Guru SD Krapyak Wetan dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan STEM. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 6(1).
Sudia, M. (2015). Profil metakognisi siswa SMP dalam memecahkan masalah open-ended ditinjau dari tingkat kemampuan siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(1)
Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran visual, auditory dan kinestetik terhadap keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175-190.
Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i2.154
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











