Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Siswa di MTs IKIP Lab Al-Washliyah Medan
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ani Harun.2018. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Antara Siswa yang Diberi Pendekatan Matematika Realistik Dengan Pendekatan Inkuiri di SD N 053984 Hinai. Tesis. Medan: PPs Universitas Negeri Medan
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bandura,A. 2009. Self-efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University.
Desi, dkk. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi pada Pendekatan Realistic Matthematic Education (RME) Sub Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII SMP. Kadikma. Vol. 3, No. 3
Emzir.2015. Metodilogi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Hadi, Sutarto & Radiyatul, 2014. Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2 No1.
Hamzah, Ali, 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers
Hamiyah, Nur & Jauhar , Muhammad. 2014. Strategi Belajar mengajar Dikelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Hanifah & Agustini. 2012. Peningkatan Self Efficacy dan Berfikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Materi Pokok Asam Basa Kelas XI
SMAN 9 Surabaya. Unesa Journal Of Chemical Education. Vol. 1, No. 1
Hasratuddin. 2018. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perc. Edira.
Irwansyah.2014. Perbedaan Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Pendekatan Ekspositori di SMP Negeri Takengon.Tesis.Medan: PPs Universitas Negeri Medan.
Husna. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komuikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share. Jurnal Peluang Volume I
Nurjannah, Siti. 2014, Deskripsi kemampuan Siswa MenyelesaikanSoal-Soal Sistem Persamaan Linear: Universitas Negri Gorontalo.
Lestari, K. E. Dam Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Prakoso,Heru. Cara Penyampaian Hasil Belajar untuk Meningkatkan Self Efficacy Mahasiswa. Jurnal Psikologis. ISSN: 0215 -8884. No.2
Rahmat, R. 2008. Psikologi Pendidikan. Membantu Siswa Tumbuh dan Berkebang. Edisi-6, terjemahan Amitya Kumara. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Ratnaya, I. 2013. Implementasi Pembelajarn Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Jilid 46, Nomor 2 hlm 125-135
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v3i2.138
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











