Pengembangan Media E-Learning Berbasis Web Untuk Mata Pelajaran Matematika

Nathasa Pramudita Irianti, Antonius Alam Wicaksono

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning yang berbasis web pada mata pelajaran matematika. Materi yang digunakan adalah Barisan dan Deret di kelas XI SMA. Setelah media pembelajaran selesai dibuat, dilakukan uji ahli dan juga uji lapangan. Uji ahli dilakukan kepada pakar media dan juga pakar di bidang matematika. Dari hasil analisis uji ahli, menunjukkan hasil 77,5% dan 90% . dari sini dapat dikehaui bahwa menurut uji ahli, media ini valid untuk digunakan. Selanjutnya, di tahap uji coba lapangan, diujikan kepada 28 siswa yang memberikan kevalidan sebesar 82%. Secara keseluruhan, media e-learning berbasis web ini valid dan dapat digunakan siswa untuk memahami pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika.

References


Buchori, A., Rahmawati, N., & Baedowi, S. (2013). Pengembangan Mobile Learning dengan Model TAPPS pada Materi Barisan dan Deret Kelas X Semester I di SMA NASIMA Semarang. Media Penelitian Pendidikan, 9(2), 80–84. https://doi.org/10.1093/elt/ccs064

Firmansyah, R., & Saidah, I. (2016). Perancangan web based learning sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Informatika, 3(September), 176–182.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. 3(2), 264–270. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286

Irianti, N. P., & Wijaya, E. M. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 122. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i2.1175

Jariyah, A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19 : Analisis Respon Mahasiswa The Biology Learning Processes and Constraints in the Covid-19 Pandemic Period : Analysis of Student Responses. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 183–196. https://doi.org/:https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.224

Karyani, R., & Samiah, W. (2020). Plus Minus Pembelajaran Sejarah Jarak Jauh Media E-Learning di SMA. 8(2).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020. , Mendikbud RI § (2020).

Rahman, M. A., Amarullah, R., & Hidayah, K. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Borneo Administrator, 16(1), 101–116. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.656

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.117

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah