Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pelajaran Matematika
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti, M. S. Y. (2011). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar di Kecamatan Rendang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1–18.
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2018). Pembelajaran scientific approach dan realistik terhadap prestasi dan minat ditinjau dari kemandirian. Jurnal Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 82–96.
Clarke, D., & Roche, A. (2017). Using contextualized tasks to engage students in meaningful and worthwhile mathematics learning. Journal of Mathematical Behavior, (November), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2017.11.006.
Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31–41.
Febriyanti, C., Irawan, A., & Andyani, L. P. W. (2016). Peran kemampuan awal dan karakter siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon (pp. 395–401).
Hartono, Y. (2007). Konsep-Konsep Dasar Pendekatan Matematika Realistik (pp. 1–34).
Indira, T., Somakim, & Susanti, E. (2017). Kemampuan berpikir kritis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61–75.
Misdalina, Zulkardi, & Purwoko. (2009). Pengembangan materi integral untuk sekolah menengah atas (SMA) menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) di palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–74.
Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika dalam sistem pembilangan pada masyarakat melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220–238.
Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Jurnal Infinity, 5(1), 25–31.
Sa’adah, W. N. (2010). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik.
Sukadari, Suyata, & Kuntoro, S. A. (2015). Penelitian Etnografi tentang Budaya sekolah dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 58–68.
Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001.
Suwito, A., & Trapsilasiwi, D. (2016). Pengembangan model pembelajaran matematika SMP kelas VII berbasis kehidupan masyarakat JAWARA (Jawa dan Madura) di Kabupaten Jember. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 79–84.
Wahyuni, I. (2015). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2), 225–238.
Wuryandani, W. (2015). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme Di Sekolah Dasar (Vol. 1, pp. 1–10). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.94
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah