Penerapan media pembelajaran berbasis ICT (information communication of technology) terhadap pemahaman Konsep matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lhokseumawe

Lia Rista

Abstract


Perkembangan teknologi informasi pada masa era saat ini sangat diminati terlebih dalam dunia pendidikan yang digunakan sebagai media pembelajaran.Selain sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar, media juga dapat digunakan sebagai sumber belajar. Keabstrakan objek matematika dan media yang kurang tepat menjad faktor sulitnya memahami matematika khususnya materi statistik. Solusi yang dianggap tepat adalah pembelajaran matematika siswa melalui penggunaan media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication of Technology)berbantuan komputer dengan aplikasi microsoft excel terhadap pemahaman konsep matematika. tujuan penelitian ini adalah siswa mampu menggunakan media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication of Technology) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil paparan yang peneliti peroleh setelah mengajarkan materi statistik dengan perhitungan manual terdapat siswa yang kurang memahami konsep dasar perkalian, pembagian dan pembuatan diagram dan membutuhkan waktu yang lama saat pengerjaan soal. Sedangkan saat pemberian materi statistik dengan mengunakan media pembelajaran berbasis ICT, siswa mampu melakukan perhitungan dengan mudah dan cepat, tentunya didasari dengan penjelasan konsep dasar statistik. Berdasarkan hasil wawancara, siswa kelas Ixb SMP Negeri 1 Lhokseumawe sangat senang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media berbasis ICT dengan aplikasi microsoft excel, karena sebelumnya penggunaan media berbasis komputer sangat jarang digunakan kecuali disaat mata pelajaran tertentu yang menggunakan laboratorium komputer

References


Ansari, Bunsu I. 2009. Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh Devisi Penerbit

Anderson, L.W. 1983. The Architecture of Cognition. Cambridge: HarvardUniversity Press

Depdiknas. 2004. Model-model Pembelajaran Matematika, Jakarta: pusat Kurikulum

Krathwohl, D. R. 2002. A revision of bloom’s taxonomy: An overview. Theory into Practise. 41(4). College of Education, The Ohio State University. Tersedia pada http://www.unco.edu/cetl/sir/stating/Krathwohl.pdf.

Moleong, Lexi J. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosda

Nasution, 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Muda,. Bandung: Alfabeta

Ruseffendi, E.T. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.92

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah