Menganalisa Pengaruh Penerapan Full Day School Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa di SMA Primbana Medan
Windah Maria Tamba, Hayati Manalu, Laurensia Manurung, Ribka Kariani Sembiring
Abstract
Penelitian ini berjudul “Menganalisa Pengaruh Penerapan Full Day School terhadap Minat Belajar Matematika Siswa di SMA Primbana Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan full day school terhadap minat belajar matematika siswa di SMA Primabana Medan. Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Primbana Medan. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik random sampling yaitu dengan cara acak. Penelitian ini menggunakan metode survey dan ekspos facto yaitu berinteraksi langsung dengan siswa SMA Primbana Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menyebarkan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif menggunakan teknik distribusi frekuensi yang dilakukan dengan cara menghitung frekuensi data hasil penelitian kemudian di persentasikan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Full Day School cukup baik untuk meningkatkan nilai matematika siswa sehingga nilai matematika siswa mengalami peningkatan. 2)Full Day School dapat mempengaruhi minat belajar matematika siswa sehingga nilai matematika siswa mengalami peningkatan.
References
Sayangianak. “8 Dampak Buruk yang Bisa Terjadi Jika Anak Terlalu Lama Belajar”. 15 September 2016. sayangianak.com/8-dampak-buruk-yang-bisa-terjadi-jika-anak-terlalu-lama-belajar/.
Rahayu,Srikandi. “Pengertian Full Day School serta Kelebihan dan Kekuranganya”. 28 Juli 2017. seputarpengertian.blogspot.com/2017/07/pengertian-full-day-school-serta-kekurangan-kelebihan.html?m=1.
Wicaksono,Galang. “Full Day School? Kenapa ditolak?”. 29 Juli 2017. medium.com/@galangwicak//full-day-school-kenapa-ditolak-cd960df0277d.
Humas. “Inilah Materi Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.” setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-karakter/.
DOI:
https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.90
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah



