Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Siswa di MTS Swasta Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo

Masdelima Azizah Sormin, Yulia Anita Siregar

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Siswa. Penelitian ini dilaksanakan  di MTs. Swasta Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII MTs. Swasta Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo, sedangkan sampelnya terdiri 40 siswa pada kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa pada kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purpose sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan kreativitas matematika siswa. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan uji t. Peningkatan kemampuan kreativitas siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Intruction  lebih tinggi dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Peningkatan kemampuan kreativitas analisis data di kelas kontrol diperoleh sebesar 65% sedangkan di kelas eksperimen yaitu sebesar 80,76%. Penerapan model pembelajaran Problem Based Intruction  (PBI) meningkatkan kadar aktivitas siswa dilihat dari hasil analisis data di kelas kontrol diperoleh sebesar 71,06% dan di kelas eksperimen sebesar 81,88%. Kemampuan guru mengelola pembelajaran di kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai kategori pembelajaran adalah 3,45 termasuk kategori baik dan di kelas eksperimen adalah 3,58 termasuk kategori baik. Serta respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Intruction  (PBI) adalah positif

References


Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Eggen, P dan Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Terjemahkan oleh Satrio Wahono. 2012. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Media Group.

Sari, D.P. dan Saputri, L. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Swadaya Batang Serangan. (Online). Jurnal Math Education Nusantara Vol.1, No.2, Hal 108-115.

Yamin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.86

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah