Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa

Tanti Jumaisyaroh Siregar, Siti Khayroiyah

Abstract


Tujuan artikel ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan matematika UMN Al-Washliyah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan mengambil dua kelas yaitu semester VII A dan VII B secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (pre tes dan post tes). Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu, disarankan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

References


Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Eggen, P dan Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Terjemahkan oleh Satrio Wahono. 2012. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Media Group.

Sari, D.P. dan Saputri, L. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Swadaya Batang Serangan. (Online). Jurnal Math Education Nusantara Vol.1, No.2, Hal 108-115.

Yamin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.85

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah