Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga Klinometer

Elfira Rahmadani, Hari Sumardi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pendekatan matematika realistikberbantuan alat peraga klinometer. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Asahan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 MAN Asahan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Pada kelas X IPA 1 sebanyak 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan, dan pada kelas X IPA 2 sebanyak 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Analisis data dilakukan dengan uji t. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh thitung> ttabel yaitu 12,406 >1,994 yang berarti menolak H0 dan menerima Ha yaitu terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuanalatperagaklinometerdengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pendekatan matematika realistik berbantuanalatperagaklinometermasih baru bagi siswa MAN Asahan, tetapi dengan guru bertindak sebagai fasilitator akhirnya siswa dapat menyelesaikan semua permasalahan dalam LAS dengan baik

References


Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.

Panjaitan, D. J. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Soekisno, B.A. 2002. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Strategi Heuristik. Bandung: Tesis SPs UPI. Tidak diterbitkan

Suherman. Herman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung. UPI

Van de Walle, John A., (2008), Matematika Sekolah Dasar dan Menengah, Jakarta. Erlangga,

Wijaya. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogjakarta. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.84

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah