Ekspolarasi Etnomatematika Pada Bagunan Candi Portibi

Nursahadah Nursahadah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika masyarakat Portibi dengan jenis penelitian eksplorasi serta pendekatan etnografi. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 5 orang  tokoh masyarakat yang berada disekitar wilayah Portibi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya konsep matematika pada masyarakat Portibi. Konsep-konsep matematika tersebut dapat kita lihat pada bangunan candiyang menggunakan konsep bangun datar dan geometri. Terbukti adanya konsep-konsep matematika yang terkandung dalam bangunan Candi Portibi yang terdiri dari  Candi Bahal I, BahaII dan Bahal III, semuanya mengunakan konsep matematika bangun  datar dan geometri. Hasil penelitian ini bisa dijadikan  alternatif pembelajaran matematika di luar kelas, dengan mengenalkankonsep-konsep matematika yang terdapat dalam kehidupan masyarakatterutama dalam bentuk bangunan seperti Candi , dan dapat dijadikan sebagai rujukan penyusuna soal pemecahan masalah matematika kontekstual

References


Barta, J. &Shockey, T. (2006). The ways of an aboriginal people: The Northern Ute. Journal ofMathematics and Culture, 1(1), 79-89.

Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 52-59.

Pinxten, R. (1994). Ethnomathematics and Its Practice. For the Learning of Mathematics Vol. 14 No. 2.

Rahmawati (2016 ) .Etnomatematika, Ilmu Matematika dalam Nuansa Budaya Indonesia. Retrieved from http://www.yurmawita.com/2016/1 dalam.htlm.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

D'Ambrosio.(1999).Literacy,Matheracy,and Technoracy: A Trivium for Today. Mathematical Thinking and Learning 1(2), 131-153.

Gulo,W.2000.MetodologiPenelitian.Jakarta:Grasindo.Koetjaraningrat. 1985. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru

Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 52-59.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.80

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah