Pembelajaran Matematika Materi Faktor dan Faktor Persekutuan Menggunakan Puzzle di Kelas IV

Indah Widyaningrum

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk untuk melihat peran penggunaan Puzzles dan menghasilkan lintasan belajar siswa menggunakan pendekatan PMRI dari tahap informal ke tahap formal untuk kelas IV. Tujuan tersebut secara bertahap adalah untuk melihat kemampuan siswa dalam menentukan konsep faktor, menentukan konsep faktor persekutuan. Metode yang digunakan adalah design research yang terdiri dari tiga tahap, yaitu : preparing for the experiment, experiment in the classroom (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Dalam penelitian ini, terdiri dari instruksi dan konjektur pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan hipotesis pembelajaran dan menggunakan pendekatan PMRI. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas IV.A SD Negeri 55 Pagaralam. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam dua aktivitas yaitu menemukan konsep faktor, dan menemukan konsep faktor persekutuan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peran media Puzzles menggunakan pendekatan PMRI dapat membantu siswa memahami konsep materi faktor dan faktor persekutuan

References


Bakker, A. (2004). Design research in statistics education on symbolizing and computer tools. Amersfoort: Wilco Press.

Bustang, Zulkardi, Darmawijoyo, Dolk, M. dan Van Eerde, D. (2013). Developing a Local Instruction Theory for Learning the Concept of Angle Through Visual Field Activities and Spatial Representations. International Education Studies. 6 (8): 58 – 70.

Isandespa, I.N dan Suwarjo. (2013). Implementasi PMRI dengan Assesment Fortofolio untuk Meningkatkan sikap Positif Siswa terhadap Matematika dan Motivasi Belajar. Jurnal Prima Edukasi. 1(1): 70 - 84

Kershaw, J. (2014). CK-12 Middle School Math-Grade 6. U.S: FlexBook.

Kershaw, J. (2014). CK-12 Middle School Math-Grade 6 Concept Collection. U.S: FlexBook.

Putri, R.I.I. (2011). Improving Mathematics Comunication Ability Of Students In Grade 2 Through PMRI Approach. International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University.

Putri, R.I.I (2011). Propesional Development of Mathematics Primary School Teachers in Indonesia Using Lesson Study and Realistic Mathematics Education Approach.Proceeding of the International Conggress for School Effectiveness and Improvement (ICSEI), Limassol, Cyprus.

Widyaningrum.I, Putri.R.I.I dan Somakim. (2018). Peranan Jigsaw Puzzles Dalam Pembelajaran Matematika Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Di Kelas IV. Jurnal Indiktika Vol 1 (1): 1 - 11

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.77

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah