Pembelajaran Matematika Penjumlahan Bilangan Cacah Dengan Pendekatan PMRI Berbantuan Media Pembelajaran Flower Number Garden
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pembelajaran matematika yang dilakukan dengan penerapan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan bantuan media pembelajaran Flower Number Garden. Penjumlahan bilangan cacah merupakan materi dasar yang penting untuk dikuasai siswa pada tingkat sekolah dasar. Dalam penelitian ini, media pembelajaran Flower Number Garden digunakan sebagai alat untuk memvisualisasikan konsep penjumlahan secara konkret dan menyenangkan bagi siswa. Pendekatan PMRI berfokus pada pembelajaran yang berorientasi pada konteks nyata dan pengembangan pemahaman matematika melalui eksplorasi masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan melibatkan siswa kelas 3 SD 1 Menawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMRI berbantuan media Flower Number Garden dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penjumlahan bilangan cacah. Siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan mampu menghubungkan konsep matematika dengan pengalaman sehari-hari. Selain itu, media ini juga membantu siswa dalam memvisualisasikan dan mengoperasikan penjumlahan dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Dengan demikian, penggunaan pendekatan PMRI dan media pembelajaran yang inovatif ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: PMRI, Penjumlahan Pengurangan, Media Pembelajaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus Dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.606
Chapter, B. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Kollegial supervision. https://doi.org/10.2307/jj.608190.4
Dian Fitra. (2023). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35141/jie.v1i1.524
Fitri, A. (2023). Inovasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 442–447.
Haji, S. (2013). Pendekatan Iceberg Dalam Pembelajaran Pembagian Pecahan Di Sekolah Dasar. Infinity Journal, 2(1), 75. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.26
Hamidah, D., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2019). Eksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n1.p1-10
Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.732
Sofian, M. (2019). Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Uu Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 311. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1165
Yuliyanti, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2021). Penggunaan Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas II SDN Rejosari dalam Penjumlahan Bilangan Asli. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 118–126. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.3128
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v8i1.514
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











