Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Berbantuan Wingeom
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir.(2010). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. El-Hikmah : Jurnal Kependidikan dan Keagamaan. Vol. VII Nomor 2, ISSN 1693-1499.Malang : Fakultas Tarbiyah UIN Maliki. Edisi Januari 2010.
Arifin, Z. (2008). Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Dengan Modalitas VAK Berbantuan CD Interaktif Pada Materi Program Linear Di SMA. Tesis Tidak Diterbitkan. Semarang : Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.
Colin, Rose. 2002. Accelerated Learning for the 21 st Century. Jakarta : Nuansa Yayasan Cendikia.
DePorter, Bobbi. 2010. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Goldin, G. A. (2002). Representation in Mathematical Learning and Problem Solving. In L.D English (Ed) International Research in Mathematical Education IRME, 197-218. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Harmiati, E. dan Rahayu, A. (2008).Peningkatan Motivasi Belajar dan Pemahaman Keruangan Siswa Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan Program Komputer. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : SMA Sang Timur, Edisi Juni 2008.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Kusuma, A. B. (2011). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Menggunakan Media Program Geogebra Pada Matakuliah Geometri Transformasi. Purwokerto : FKIP Universitas Muhammadiyah Purworketo.
Kusumah, Y. S., Dahlan, J. A., dan Sutarno, H. (2008). Konsep Pengembangan dan Impementasi Computer-Based Learning Dalam Peningkatan Kemampuan High-Order Thingking.Bandung : UPI Bandung.
Lestari, A. W. (2012). Pengaplikasian Program Wingeom Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok.Prosiding Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika bertemakan “Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa.P-14.ISBN : 978-979-16353-8-7. Edisi 10 November.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Lestari, E. K. dan M. R. Yudhanegara.(2015). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung : PT Refika Aditama.
NCTM. (2000). Principles and Standards For School Mathematics. ISBN :0-87353-480-8. America : The United State of America.
Panjaitan, D. J. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statistika. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA, 1(1).
Rudhito, M. A. (2008). Geometri dengan Wingeom Panduan dan Ide Belajar Geometri dengan Komputer.Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sanata Dharma.
Rusli.(2012). ICT dan Pembelajaran (Kurikulum Untuk Sekolah Dan Program Pengembangan Guru).Jakarta : Referensi.
Sabirin, M. (2014).Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal JPM IAIN Antasari.Vol. 01 Nomor 2. Edisi Januari-Juni 2014.
Sancoko, M. A. (2013). Studi Komparatif Strategi Belajar Arias dan Strategi Belajar VAK. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 Nomor 1, ISSN 2337-8166.Sidoarjo : Program Studi Pendidikan Matematika. Edisi : April 2013.
Shodiqoh, U. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTSN Ngawen Gunungkidul Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Syarifah. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multiple Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, Dan Self Esteem Siswa SMP Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended. Disertasi doktor, tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Yudhanegara, M. R dan Karunia E. L. (2014).Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 1 Pagaden, Subang). Jurnal Ilmiah Solusi. Vol.I Nomor 3.Karawang : FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang. Edisi September-Nopember 2014:76-85.
Wetzels, S.A.J., Kester, J., & Merrienboer, J.J.G.V. (2010). Use Of External Representations In Science: Prompting And Reinforcing Prior Knowledge Activation. Dalam L. Verschaffel, E.D. Corte, T.D. Jong, & J. Elen (Eds). Use of Representations in Reasoning and Problem Solving: Analysis and improvement (pp. 225-241). NewYork, NY: Routledge.
and
Standards for School Mathematics.”Reston. VA: NCTM.
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v1i1.49
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











