ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematik siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 2 Banjarsari dalam menyelesaikan soal cerita materi ukuran letak data menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi proses. Kemampuan komunikasi matematik penting untuk mendukung pemahaman konsep, penerapan matematika dalam kehidupan nyata, serta pengembangan keterampilan abad ke-21. Pendekatan ini dipilih karena mampu mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang beragam, membantu mereka mengatasi kesulitan dalam mengartikulasikan proses berpikir secara verbal maupun simbolis, dan meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek 30 siswa, melalui tes tertulis untuk mengukur kemampuan komunikasi matematik berdasarkan empat indikator utama dan wawancara untuk mendalami proses berpikir siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi proses berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematik, meskipun pencapaian antar siswa bervariasi. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Dari 30 siswa yang diteliti, 13% mampu menggunakan keempat indikator komunikasi matematik, 17% menggunakan tiga indikator, 33% menggunakan dua indikator, 20% menggunakan satu indikator, dan 17% tidak memenuhi indikator. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berdiferensiasi proses efektif meningkatkan komunikasi matematik siswa, meskipun hasilnya bervariasi antar siswa.
Kata Kunci: Komunikasi Matematik, Pembelajaran Berdiferensiasi Proses, Soal Cerita.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publications.
Hattie, J. (2019). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge.
Nurhadi, D. (2020). Komunikasi matematik dalam pembelajaran matematika. Penerbit Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukirlan, M. (2021). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 22-32.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tomlinson, C. A. (2018). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (2nd ed.). ASCD.
Udin, F. F., et al. (2022). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi matematik siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(3), 45-56.
Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education): 2(2): 60-70.
Ruswanto, Dwijanto, & Widowati. 2018. Relistic Mathematics Education Model Includes Characteristic to Improve the Skill of Communication Mathematic. Unnes Journal of Mathematics Education Research: 7(1): 94-101.
Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v8i1.421
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











