Pengaruh Model Pembalajaran Kooperatif Tipa Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta Swadaya Batang Serangan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi, “Prosedur Penelitian’’ Jakarta, Rinneka Cipta, 2010.
Arviana Nerissa Neva, “Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Kubus Dan Balok”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 3, 2014.
Asri Khairul, “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis melalui Penerapan Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 1, No. 2, September 2014.
Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Hamzah Ali,” Perencanaan Dan Strategi pembelajaran matematika“. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2014.
Husna,“Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Menengah Pertema Melalui Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think-Phair-Share (TPS)”. Jurnal Peluang, Volume 3 Nomor 2, April 2013, ISSN: 2302-5158.
Isjoni, “Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antara Peserta Didik”. Yogyakarta, Pustaka belajar , 2009.
Istarani, “58 Model Pembelajaran Inovatif’’ Medan, Media Persada, 2011.
Muslim Ryaeni Siska, “Pengaruh Penggunaan Student Fasilitator And Explaining Dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMK Di Kota Tasikmalaya“. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan Vol.1 No.1, 2014 Artikel 10.
Patrani Desiy, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,”Jurnal PM Universitas Lampung, Vol. 1, No.4 (2013).
Rusman, ”Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Bandung Raja Grafindo Pers, 2014 .
Rejeki Endah Sri Ning,“Meningkatkan Hasil Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII G Semester 2 SMP Negeri 2 Toroh Grobongan“. Jurnal Lemlit, Volume 3 Nomor 2 Desember 2009.
Shoimin Aris, “68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurukulum 2013’’ Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2014.
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D’’ Bandung, Alfabeta, 2013.
Sudjana. Mode Statistika Bandung, Tarsito, 2005.
Trianto, “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif “. Jakarta, Kencana, 2010.
Wena Made, “Strategi Pembelajaran Inovatif Komputer”. Jakarta, Bumi Aksara, 2011.
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v1i2.41
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











