Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Matematis Siswa SMK Negeri 5 Medan dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ansari, B. I. 2009. Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh : Yayasan Pena.
Arends, R. I. 2008. Learning To Teach (Belajar untuk Mengajar) Buku Dua. Edisi Ketujuh. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arifah. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Padang : Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Aryan, B. 2007. Kemampuan Membaca dalam Pembelajaran Matematika. (online). http://rbyans.wordpress.com.
Bird, Lyn. 2009. Developing Self Regulated Learning Skills in Young Student. Thesis. Deakin University. Tidak dipublikasikan.
Bistari, B. 2010. Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Vol. 1, No.1.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMK/MAK. Jakarta: BSNP.
Busnawir. 2006. Pengaruh Penilaian Berbasis Portofolio terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mempertimbangkan Kemandirian Belajar Siswa (Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 44 Jaktim, 2006). Jakarta : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Cheng, Eric C.K. 2011. The role of self Regulated Learning in Enhancing Learning Performance. The Hongkong Institute of Education, Hongkong. Vol. 6 Issue 1. March 2011. ISSN 2094-1420.
Ellianawati. 2010. Pemanfaatan Model Self Regulated Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri Pada Mata Kuliah Optik. ISSN: 1693-1246. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Semarang: Unnes.
Ibrahim, Muslimin dan Nur, Mohamad. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa-University Press.
Kuzle, A. 2013. Patterns of Metacognitive Behavior During Mathematics Problem-Solving in a Dynamic Geometry Environment. International Electronic Journal of Mathematics Education, Vol. 8 , No. 1.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Saragih, S. 2007. Mengembangkan Kemampuan Berpikir logis dan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi tidak dipublikasikan. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.
Sumarmo, U. 2004. Kemandirian Belajar : Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah disajikan pada seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Yogyakarta tanggal 8 Juli 2004 : tidak diterbitkan.
Tan, O. Seng. 2003. Problem-Based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Cengage Learning : a division of Cengage Learning Asia Pte Ltd.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zimmerman, B. 2008. Investigating Self-Regulation and Motivation: Historical Background, Methological Developments and Future Prospects. American Educational Research Journal Math. America: Vol. 45 No.1, pg. 166-183
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v1i2.40
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











