PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN CTL BERBASIS MOTIF BAJU NIAS PADA MATERI SEGI EMPAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Motif Baju Nias Pada Materi Segi Empat, dan peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika tentang segi empat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, dan Tes hasil belajar matematika siswa. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-A dan uji coba II di kelas VII-B SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Validitas LKPD termasuk dalam kategori valid; (2) Kepraktisan LKPD yang dikembangkan diperoleh bahwa: LKPD dapat dipergunakan dengan sedikit revisi dan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata nilai praktis, reliabilitas instrumen LKPD baik; (3) Keefektifan LKPD yang dikembangkan menunjukkan lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan dan lebih dari 85% setiap komponen keterlibatan siswa menunjukkan siswa aktif dalam pembelajaran; (4) Hasil belajar siswa menggunakan LKPD yang dikembangkan meningkat dengan skor N-gain 0,58.
Kata kunci: Pengembangan, LKPD, CTL, Motif Baju Nias.
Full Text:
PDFReferences
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision. D, Measurement and Reasearch Methodology.
Harefa, Markus, Surya, Edy, & Amry, Zul. (2022). Perbedaan Kemampuan Pemecehan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Problem Based Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 06, No. 03, pp. 2801-2815
Muasaroh, Putri. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentu Alat Musik Rebana. Jurnal Pendidikan Matematika Kudus.
Simanjuntak, Ruth Mayasari, Ginting, Audy Christie Putri Br, Situmorang, Joel Dani, Pardede, Andri Indrawan. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Sulim. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, E-ISSN: 2686-4452 ; doi: https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1Vol. 04, No.01, pp.69-73.
Simanjuntak, Ruth Mayasari, Sihombing, Dame Ifa. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Kue Tradisional Suku Batak. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, ISBN: 978-623-93394-9-4.
Susanto, A. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suciaty, I. (2019). Penggunaan Sajak Matematika Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran
Sunandar, A. (2016). Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa. Seminar Nasional Matematika X.
Susanti, R. (2018). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Min Sukosewu Gandusari Blitar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep
Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.388
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











