IMPLEMENTASI TEORI VYGOTSKY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Berliance Zamira Zebua, Epiphanias Br Sihite, Limasso Gultom, Lutemaria Hia, Efron Manik

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran penting yang penerapannya banyak digunakan dalam kehidupan. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam teori sosiokultural Lev Vygotsky serta implikasinya terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Sumber data berasal dari buku, jurnal, dan hasil penelitian yang berkaitan dengan masalah penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pencarian online. Analisis data dilakukan melalui content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut teori sosiokultural Vygotsky merekomendasikan pembelajaran matematika kooperatif dan kolaboratif serta mengoptimalkan adanya scaffolding dan interaksi sosial dalam pembelajaran. Selanjutnya, pembelajaran matematika yang direkomendasikan adalah pembelajaran yang kooperatif, berpusat pada siswa dan aktif, seperti metode pembelajaran penemuan dan kontekstual.

Kata-kata Kunci: Teori Perkembangan Sosiokultural Vygotsky, Pembelajaran Matematika, Kajian Literatur

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alifia, N. N., Rakhmawati, I. A. 2018. Kajian Kemampuan Self-efficacy Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 5 (1): 44-54.

Amir, Z., Mulyani, Fitria Rizka. 2019. Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model CTL terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dan Self Efficacy Siswa. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, Vol. 1 (2): 37-45.

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta:

Aswaja Pressindo.

Dalimunthe, Yunita. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Awal terhadap Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Murabbi: Jurnal Ilmiah dalam Bidang Pendidikan, Vol. 4 (1): 69-80.

Desnatalia, Ita. 2022. Belajar Matematika untuk Peningkatan Efikasi Diri Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6 (1): 2861-2868.

Dirgatama, C. H. A., Th, D. S., & Ninghardjanti, P. 2016. Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based Learning dengan Mengimplementasi

Program Microsoft Excel untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil

Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMK Negeri 1

Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administarsi Perkantoran,

Vol. 1 (1): 36-53.

Fardani, Z., Surya, E. dan Mulyono. 2021. Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Paradigma Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 14 (1): 39-51.

Farera, D., Andriani, L., & Fitri, Irma. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 42 Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), Vol. 3 (2): 169–180.

Fauza, A., Napitupulu, E., Khairani, N. 2020. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Pembelajaran Ekspositori. PARADIKMA, Vol. 13 (2): 61-67.

Gustia, D., Hanifah, Jenab dan Afrilianto, M. 2019. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Self Efficacy Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol. 2 (5): 253-260.

Harefa, Markus, Surya, Edy, & Amry, Zul. (2022). Perbedaan Kemampuan Pemecehan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Problem Based Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 06, No. 03, pp. 2801-2815

Hartati, I., Sucianti, I., Wahyuni, D.S. 2021. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika: Meta Analisis. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4 (2): 49-56.

Haryanto, Putri Chandra, Arty, Indiyah Sulistyo. 2019. The Application of Contextual Teaching and Learning in Natural Science to Improve Student’s HOTS and Self-Efficacy. Journal of Physics, Vol. 8 (8): 1-8.

Hasibuan, A. M., Saragih, S., Amry, Z. 2019. Development of Learning Materials Based on RealisticMathematics Education to Improve Problem Solving Ability andStudent Learning Independence. International Electronic Journal of Mathematics Education. Vol. 14 (1): 243-252.

Huang, Yu-Chia. (2021). Comparison and contrast of Piaget and Vygotsky's theories.

Proceedings of the 7th International Conference on Humanities and Social

Science Research (ICHSSR), Advances in Social Science, Education and

Humanities Research, Vol 554, 28-32.

Marlina, Ratna, Nurjahidah, S., Sugandi, A.I., Setiawan, W. 2018. Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTS pada Materi Perbandingan dan Skala. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol 1(2): 113-122.

Mcleod, S. (2018). Jean Piaget's Theory of Cognitive Development. Simply

Psychology, www.simplypsychology.org/piaget.html

Muslihah, N. N., dan Suryaningrat, E. F. 2021. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plus Minus: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 (3): 553-564.

Nurfarhanah. (2012). Implikasi teori perkembangan kognitif dalam kegiatan belajar. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XII(2), 12-17.

Pandiangan, Lidia Wira H., dan Surya, Edy. 2020. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Medan. Inspiratif, Vol 6 (1): 1-13.

Prakash, A.P., Jerlin, J. E., & Fernandes, J. B. (2014). A study on the causes for failures

in mathematics by engineering students using CFRM model. Proceedings of the

World Congress on Engineering 2014, Vol I, http://www.iaeng.org/publication

/WCE2014/WCE2014_pp29-33.pdf.

Sa’ad, T. U., Adamu, A., & Sadiq, A. M. (2014). The causes of poor performance in

mathematics among public senior secondary school students in Azare

metropolis of Bauchi State, Nigeria. Journal of Research & Method in

Education, 4(6), 32.

Sagala, Z. U., Simamora, Yumira dan Maharani, Israq. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 2 (2): 11-19.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Yunita, M. R., Surya, E., dan Syahputra, E. 2019. Development of Problem Based Learning Tools to Improve Visual Thinking and Self Efficacy of Seventh Grade Junior High School Students in Besitang. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol. 384: 296-300.




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.387

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah