PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PANGARIBUAN

Anrygif Fantri Harianja, Syawal Gultom

Abstract


Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat digunakan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan dalam dua siklus pembelajaran yang terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP N 1 Pangaribuan yang berjumlah 20 orang. Sampel yang diambil sebanyak 20 sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar observasi guru, tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan dokumentasi. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir sikluk diberikan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan project based learning dapat meningkatkan kemampuan tingkat tinggi siswa dimana pada prasiklus dengan ketuntasan klasikal sebesar 20% dengan rata-rata 56,29  meningkat menjadi 20% pada siklus I dengan rata-rata 57,22. Berikutnya di siklus II menjadi 85% dengan rata-rata 89,44. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SMP Negeri 1 Pangaribuan

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Project Based Learning


Full Text:

PDF

References


Abosalem, Yousef. (2016). Assesment Techniques and Student’s Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Secondary Education: 1-11.

Ahmad, Fitria, dkk. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran inovatif Di Sekolah Dasar Mengacu kurikulum 2013. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press. 2016. BSDMPK dan DMP Kemdikbud./

Al-tabany, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah. 11 (1) :2-4.

Aqib, Z. & Ali, M. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Cninedu, C.C., dan Kamin, Y., (2015). Strategies for Improving Higher Order Thinking SkillI Teaching and Learning of Design and Technology Education. Journal of thecnical and training: 35 – 43.

Dahar, R, W. 2006. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Elma, dkk (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Standar Pisa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VII SMP N 1 Sipispis. INNOVATIVE: Jurnal of Social Science Research. 3 (2): 2-3. E-ISSN 2807-4238 and P-ISSN 2807-4246.

Fitri, dkk. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual. 3 (2): 201-211.

Hadi, A dan Ramadhana, R. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VIIIA Mts Negeri 2 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 5 (1): 46-54.

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Mediapersada.

Jacobsen, David A., dkk. (2009). Methods for Teaching Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA, Yogjakarta, Pustaka Pelajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamarudin, M. Y., dkk. (2016). Inculcation of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Arabic Language Teaching at Malaysia Primary Schools. Creative Education, 07(02), 307-314.

Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Krathwohl, D.R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An overview. Theory Into Practice, 41 (4):212-218.

Kusuma, MD., dkk (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Instrument Assement in Physics Study. IOSR: Journal of Resarch & Method in Education (IOSR-JRME). 7 (1):26-32.

Lewis, Arthur, dan David Smith. (1993). Defining Higher Order Thingking, Theory into Practice: 131-137.

Luthvitasari, N., Putra, N.M.D., dan Linuwuh, S. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Keterampilan Berpikir dan Kemahiran Generic Sains. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. Vol 2, No 1, Hal: 159-164.2013.

Nugroho, R. Arifin, (2018), HOTS (Higher Order Thinking Skills: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Konsep, Pembelajaran, Penilaian, Penyusunan Soal Sesuai Hots. Jakarta. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ocatariani, D., dan Rambe, I.H. Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA. GENTA MULIA. Vol XI, No. 1, Hal: 126-130.2020.

Priansa, D. (2019). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Priansa, D. (2019). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Resnick. L.B (1987). Education and Learning to Think, Washington, DC: National Academy Press.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.

Sani. RA. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang. Tsmart.

Senk, S.L., dkk. (1997). Assesment and Grading in High School Mathematics Classrooms. Journal for Research in Mathematics Education. 28 (2): 187-215.

Setiasih, A. (2019). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Pada Sisswa SMP. Jurnal Integral Pendidikan Matematika. 10 (2): P-ISSN; 2086- 4590: E-ISSN; 2714-7541.

Thompson, T (2008). Mathematics Teachers Implementation of Higher-Order Thinking in Bloom’s Taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education. 3 (2): 96-109.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wardana, N (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Ketahanmalangan Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Ilmiah Pendididkan dan Pembelajaran. Vol 6, No 2, Hal: 1625-1635.

Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.

Wydiantini, T. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Projek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Artikel. Jurnal Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Pppptk) Matematika .Yogyakarta, hal, 3.




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.386

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah