ANALISIS KESALAHAN SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR PEMECAHAN MASALAH POLYA
Abstract
Penelitian ini didasari atas banyaknya kesulitan yang dihadapi siswa saat menyelesaikan soal cerita matematika yang menyebabkan terjadinya kesalahan. Kesalahan pada siswa harus segera dianalisis agar tidak terulang kembali dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Analisis ini dapat dilakukan dengan menggunakan prosedur pemecahan masalah Polya sehingga dapat mengetahui jenis kesalahan, dan faktor penyebab kesalahan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur pemecahan masalah polya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-3 di SMP Swasta Brigjend Katamso Medan yang berjumlah 38 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan keabsahan data dapat disimpulkan bahwa tingkat kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan prosedur pemecahan masalah polya adalah memahami masalah sebesar 18,18%, merencanakan penyelesaian sebesar 28,44%, menyelesaikan masalah sebesar 25,21%, dan memeriksa kembali 28,15%. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan disebabkan karena kurang fokus atau konsentrasi dalam mengerjakan soal, terburu-buru membaca soal, kepercayaan diri dan motivasi mereka untuk belajar, model pengajaran guru, lingkungan belajar, pengetahuan sebelumnya, waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan soal, kemampuan berhitung, dan seringnya mereka berlatih dalam memecahkan masalah termasuk soal cerita. Maka dari jenis dan faktor penyebab kesalahan yang didapatkan pada penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai evaluasi dan mengetahui tahap penyelesaian siswa saat menyelesaikan soal cerita matematika.
Full Text:
PDFReferences
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa kelas viii smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan ditinjau dari gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151-162.
Agustin, S., MA, E., Herman, T. (2023). Analisis Kesalahan Kemampuan Penalaran Adaptif dan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1295-1308.
Andayani, D., Mardiyah, A., & Suryani, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kemampuan Akademik Siswa. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(1), 79-87.
Angela, F., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Peluang Empirik Dan Teoretik Pada Siswa Kelas Viii Smp Di Kabupaten Siak. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 15.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.
Hariyani, S., Aisyah, F.N.K., & Dinullah, R. N.I. (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11-22.
Hartati, L. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linier Dasar Berdasarkan Kriteria Watson. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1), 97-104.
Kamila, N., & Adirakasiwi. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Prosedur Polya. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4(4), 749-754
Khainingsih, F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 266-274.
Moleong, L. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi revi). Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Polya, G. (1985). How to Solve It A New Aspect of Mathematical Method. United States Of America: Princeton University Press
Rofi’ah, N., Ansori, H., Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya,” dalam jurnal Edumat: Jurnal Pendidikan matematika, 7(2), 120-129.
Sudrajat., Mahmudi, A., Setyorini, A. (2022). Pengembangan LKPD Beriorientasi HOTS untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Non-Rutin Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3432-3443
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surgana, R., Kurniati, N., Kurniawan., & Prayitno. Analisis Kesalahan dalam menyeleaikan Soal bentuk aljabar pada siswa kelas VII SMPN 2 Lingsar tahun ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematisc Education and Apllication. 2(4)., 865-878
Syahda, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Teori Polya. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 75.
Tuauni, N., Djong,K., & Fernandez, A. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 9 Kota Kupang Dalam Menyelesaikan Soal Barisan. Arsen : Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 16-22
Umar, Hasratuddin, & Surya, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Think Aloud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri 067248 Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3402-3416.
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.385
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











