PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 6 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI di SMK Negeri 6 Medan melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XI BDP 1 di SMK Negeri 6 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL berhasil meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan skor rata-rata siswa dari 40,56 (kategori rendah) pada awal penelitian menjadi 68,47 (kategori sedang) pada siklus I dan 81,81 (kategori tinggi) pada siklus II. Selain itu, terjadi peningkatan dalam pencapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Pada siklus I, sebanyak 16 siswa (53,33%) mencapai ketuntasan. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 25 siswa (83,33%).
Kata kunci: Pendekatan CTL, Kemampuan Pemahaman Konsep
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.
Fajar, Ayu Putri, dkk. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 9 (2) : hlm. 229-239.
Herlina, M., Zulfarina, & Linda, R. (2021). Contextual-Based E-comic Media Design. Proceedings of URICET 2021 - Universitas Riau International Conference on Education Technology 2021.
Hobri., dkk. (2018). High-Order Thinking Skill in Contextual Teaching and Learning of Mathematics Based on Lesson Study for Learning Community. International Journal of Engineering & Technology, 7(3), 1576–1580.
Jeheman, A. A., Gunu, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2): 191-202.
Kartika, Y. (2018). “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar”. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2(4): 777-785.
Latipah, S., & Afriansyah, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 223-232.
Mawaddah, S., & R. Maryanti. 2016. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning)”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 (1): hal. 76-85.
Napitupulu, E., Hadijah S. & Hasratuddin (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematik Siswa SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 13(3): 285-298.
Ompusunggu, Kartini Dewi Vera. 2014. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing”. Jurnal Saintech. Vol. 6 (4): hal. 93-105.
Putri, R. D., & Sari, W. A. (2020). Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas V SDN 1 Sei Tualang Raso. Jurnal Ilmiah Guru Penggerak, 1(1), 1-10.
Sanjaya, 2016. Pendekatan - Pendekatan Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Jakarta: Raja Grafindo Persada) p 255 – 277.
Saputri, I, & Rigianti, H. A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mapel Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VI. Warta Pendidikan E-Journal, 2(2), 163–17
Siamy, L., Farida, F., & Syazali, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning.Desimal: Jurnal Matematika,1(1), 113-117.
Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Doscovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika , 1(1): 291-302.
Trianto, A., & Nurachmad, D. (2018). Pembelajaran berbasis otak: Konsep, strategi, dan aplikasinya dalam pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta:PT Gramedia Widiasarana Indonesia
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.384
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











