PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT DAN SELF EFFICACY SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Riana N Pakpahan, Mangaratua M Simanjorang

Abstract


Hasil belajar dapat digunakan dalam mengukur kemampuan seorang siswa. Tinggi rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya student engagement dan self efficacy. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh student engagement dan self efficacy terhadap perubahan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan pada semester genap 2023/2024. Untuk mempermudah generalisasi hasil penelitian, sehingga digunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling, dengan jumlah total sampel 84 siswa. Instrumen penelitian yaitu angket self assessment dan peer assessment untuk variabel student engagement dan self efficacy, untuk hasil belajar dikumpulkan berdasarkan nilai tes matematika yang terdiri atas 16 soal Pilihan Ganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yaitu bahwa secara parsial student engagement berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; secara parsial self efficacy berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika; dan secara simultan student engagement dan self efficacy berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi yang disumbangkan secara simultan sebesar 24,56%. Hasil penelitian ini mengindikasikan pentingnya peningkatan student engagement dan self efficacy dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: hasil belajar matematika, self efficacy, student engagement


Full Text:

PDF

References


Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246

Fikrie, F., & Ariani, L. (2019). Keterlibatan Siswa (Student engagement) Di Sekolah Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa Di Sekolah. Retrieved from Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivarianate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Komang Sukendra, I., & Sumandya, W. (2020). Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, IX(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4299433

Kustiawati, W. (2019). Keterlibatan Siswa (Student engagement) Dalam Proses Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 659–663.

Purba, J. E. L., Nababan, G., & Aji, K. A. (2021). Mengukur Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Online Siswa Kelas Vii Di Sekolah Abc Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 100–109. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page100-109

Rangkuti, N. (2021). Pengaruh Self efficacy Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim malang, Malang.

Schleicher, A. (2023). PISA 2022 RESULTS (VOLUME I). OECD.

Schleicher, A. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Siregar, Asmaul Jannah. (2016). Student Engagement Dan Parent Involvement Sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Yogyakarta. Jurnal Indigenous, 1(1), 61-73. Retrieved from https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.1769

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanti, S., Arifani, Y., Zawawi, I., & Fauziyah, N. (2019). Student’s engagement behaviour and their success in abstract algebra: Structural equation modelling approach. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012105

Utami. (2019). Hubungan Self Efficacy (Self efficacy) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas VIII SMPN (SMPN 2 Sentajo Raya dan SMPN 1 Benai) di Kabupaten Kuantan Singingiriau Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Islam Riau.

Yudiaatmaja, F. (2014). Analisis Regresi Dengan Menggunakan Aplikasi Komputer SPSS. Jakarta: Kompas Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.383

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah