PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI BANGUN DATAR BERBASIS PMRI MENGGUNAKAN KONTEKS WISATA MUSI RAWAS

Rismala Dewi, Lucy Asri Purwasari, Tidi Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis PMRI menggunakan konteks wisata Musi Rawas yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan 4D yaitu define, disgn, development, dan deseminate. subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri 57 Lubuklinggau. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Hasil validasi yang didapatkan dari validator ahli media sebesar 0,83 dengan kategori tinggi, untuk validator ahli bahasa mendapatkan nilai sebesar 0,87 dengan kategori tinggi, dan validator ahli materi mendapatkan nilai sebesar 0,75 dengan kategori cukup tinggi. Sedangkan hasil analisis penilaian kepraktisan respon guru mendapatkan nilai sebesar 97% dengan kategori sangat praktis dan respon kelompok kecil mendapatkan nilai sebesar 95% dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifan nilai N-gain sebesar 0,65 dengan klasifikasi sedang. Setelah melakukan uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar berbasis PMRI, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar materi bangun datar berbasis PMRI menggunakan konteks wisata Musi Rawas SD Negeri 57 Lubuklinggau dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan.

Kata kunci : Bahan ajar, PMRI, Bangun datar, Wisata


Full Text:

PDF

References


Ahyansyah, A., Sa’dijah, C., & Qohar, A. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah operasi hitung pecahan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1827-1838.

Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224-236.

Arrafi, A., & Masniladevi, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 750-774.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Hartika, N., Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) Berbantuan Aplikasi Sigil Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Prespektif Pendidikan-Vol, 16(2).

Hasan, M., Harahap, T. K., Inanna, I., Khasanah, U., Rif’ati, B., Musyaffa, A. A., ... & Setyawan, C. E. (2023). Landasan pendidikan. Penerbit Tahta Media.

Kosasih, E. 2022. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 255-269.

Marhamah, M., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2011). Pengembangan Materi Ajar Pecahan dengan Pendekatan PMRI di SD Negeri 21 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 171-184.

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS berbasis PMRI menggunakan konteks etnomatematika pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 73-79

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis discovery learning. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(1), 17-25.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023, September). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 5, pp. 84-90).

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Suhariani, R., Refianti, R., & Purwasi, L. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Menggunakan Konteks Rumah Wanita Kota Lubuklinggau Ditinjau Dari Segi Kevalidan Dan Kepraktisan. Journal of Mathematics Science and Education, 4(1), 49-67.




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.382

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah