HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 3 KIRIG

Ananda Setiyani, Dhio Chandra Wijayanto, Ainun Naqiyyah Roudlotul Jannah, Fitriyah Amalaiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ingin membuktikan bahwa adanya hubungan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika. Jenis metode penelitian ini kuantitatif menggunakan teknik analisis uji korelasi. Populasi sempel yang digunakan adalah kuisioner dan tes yang dilakukan di SDN 3 Kirig kelas III. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 13 siswa. Instrument yang digunakan peneliti berupa kuesioner yang berisi tentang kepercayaan diri siswa yang terdiri dari 20 butir pernyataan. Peneliti menggunakan uji korelasi untuk menentukan apakah ada hubungan antara hubngan kepercayaan diri dan hasil belajar pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa memiliki korelasi yang sedang dengan hasil belajar matematika siswa, dimana hasil dari uji yang kami lakukan bernilai signifikan sebesar 0,007 < 0,05 serta ditunjukkan pula tingkat derajat nya antara kedua variabel sebesar 0,705, dan bentuk korelasi kedua variabel tersebut adalah positif dan kuat. Dengan kata lain, semakin besar kepercayaan diri siswa, semakin baik hasil belajar mereka.

Kata kunci: Kepercayaan diri, Hasil Belajar, Matematis


Full Text:

PDF

References


Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Chasbulloh, R., Chamdani, M., & Ngatman. (2021). Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Dan Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas V Sdn Sekecamatan Kroya Tahun Ajaran2020/2021. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 584–590.

Dana, T. S. (2016). Dana, dkk. 2022. 7(2019), 28–45.

Faturohman, I., Iswara, E., & Gpzali, S. M. (2022). Self-Confidence matematika siswa dalam penerapan pembelajaran online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1048.

Hermawan, J. S., Surahman, M., Rini, R., Amaliyah, F., & Fitria, M. (2024). Belajar Matematicka Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. 10(2), 94–105.

Januriastuti, T. E. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Siswa pada SD Negeri Pulogebang 24 Pagi Jakarta Timur. Pedagogik, 5(2), 65–76.

Kholifah, U., Hanifah, H., Siagian, T. A., & Utari, T. (2021). Analisis Soal Matematika Ujian Akhir Semester Ganjilditinjau Dari Aspek Kognitif Pada Siswa Kelas Vii Smp Ngeri 13 Mukomuko Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 99–110. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.99-110

(Meidiastuti et al., 2015)Meidiastuti, R. A., Krisnawan, & Budiono, I. (2015). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Suruh. Universitas Kristen Satya Wacana, 1–10.

Nashan, S., Anisa, R. N., Ummah, N., Margaretha, S. M., & Fitryah, A. (2019). Analisis Perbedaan Pencapaian Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode PBL Kelas V DI SD 2 Bulong Kulon. Implementasi Projek Penguatan Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Di Sekolah Dasar, 2(1), 1–23. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19794

Novita Lina. (2021). Pengaruh Tidak Percaya Diri. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) , 04(02), 92–96.

Napitupulu, B. S. D., Yuni, Y., & Atiyyah, R. (2020). Hubungan Kepercayaan Diri (Self Confidence) dengan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminal Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 2018, 209–214.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49

Pasaribu, E., & Sijabat, D. (2022). Hubungan Kecemasan Berkomunikasi dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2342–2351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2441

Pangestika, S. (2018). Hubungan rasa percaya diri dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(7), 965–974.

Pangestu, A., & Sutirna. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran. Maju, 8(1), 118–125.

Sabrina Ratih Kusumaningrum, Muhammad Nailul Furqon, Wafna Jannata Ulya, & Fitriyah Amaliyah. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i2.1539

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.381

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah