PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS III SDN 03 KANDANGMAS

Kamila Dwi Fitria, Nisya Amelia Artanti, Evergyta Bryna Oktavia, Izka Aziiz, Fitriyah Amaliyah

Abstract


Pengaruh Kedisiplinan dan Minat Belajar siswa terhadap Kmampuan Pemecahan Masalah Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) pengaruh kedisiplinan dan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) pengaruh kedisiplinan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (3) pengaruh kedisiplinan terhadap pembelajaran memecahkan masalah. Pengaruh minat terhadap keterampilan masalah matematisnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner terhadap kedua variabel independen dan pertanyaan terhadap variabel dependen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampel satu kelas yaitu 25 siswa dari populasi terjangkau siswa Kelas III SDN 03 Kandangmas Kudus tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi statistik berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Disiplin dan minat belajar kolaboratif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) Disiplin mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) Minat belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Kata kunci: Kedisiplinan, Minat Belajar, Masalah Matematis, SDN 03 Kandangmas


Full Text:

PDF

References


Afkarina, N. K., Widodo, A. W., & Furqon, M. T. (2019). Implementasi Regresi Linier Berganda Untuk Prediksi Jumlah Peminat Mata Kuliah Pilihan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(11), 10462-10467.

Amaliyah, F., Hermawan, J. S., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5482-5490.

Amaliyah, F., & Santoso, D. A. (2022, December). Sytematic Literatur Review: Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Modul. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus (Vol. 1, No. 1, pp. 188-195).

Amaliyah, F., Sukestiyarno, Y. L., & Asikin, M. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Self Directed Learning Berbantuan Modul pada Wacana Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 626-632).

Amanda, F. (2020). Pengaruh Intensitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Ayundhaningrum, Y., & Siagian, R. (2017). Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 23-32.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.

Faisah, E., Padilah, E., & Patras, Y. E. (2023). Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 006-013.

Haryuti, B. Z. R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat dan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Ngrukem (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Indriyani, N. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Atas SD Negeri 2 Manggung Tahun 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi. Jurnal SAP, 1(2), 206–216.

Rusni, R., & Agustan, A. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar Rusni. Jurnal Riset Pendidikan Dasar The Influence of Learning Cylinary on Student Learning Results, 1(April), 1–9.

Susilawati, S., & Tambunan, N. (2021). Pengaruh Disposisi Matematis dan Kedisiplinan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.379

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah