PERSPEKTIF DAN PRAKTIK PENDIDIK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH INKLUSI

Miranti Miranti, Iqbal Ramadani

Abstract


Pendidikan inklusif merupakan sebuah konsep yang semakin mendapat perhatian dalam dunia pendidikan. Banyak sekolah regular kini mulai menyadari pentingnya mengintegrasikan peserta didik berkebutuhan khusus ke dalam sekolah regular, dibandingkan memisahkan peserta didik berkebutuhan khusus ke Sekolah Luar Biasa (SLB). Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi bagaimana perspektif dan praktik pendidik di sekolah inklusi memandang dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, dan 3 jenis metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah 1 Guru Pendamping Khusus (GPK) dan 2 Guru Matematika dari salah satu Sekolah Dasar Inklusi di Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah perspektif pendidik dalam implementasi kurikum merdeka, dimana terdapat tantangan yang dialami oleh pendidik di sekolah.

Kata Kunci: Perspektif Pendidik, Kurikulum Merdeka, Matematika, Inklusi

Full Text:

PDF

References


Barlian, Ujang Cepi; Solekah, Siti; Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurilulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12).

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530

Kemendikbud. (2022). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf

Kompas. (2024). Kurikulum Resmi Merdeka Jadi Kurikulum Nasional. Retrieved from . Kurikulum Merdeka Resmi Jadi Kurikulum Nasional - Kompas.id

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Mansur, A. A., Latif Fatkhuriza, A., & Wijaya, D. H. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus Keberlangsungan Pendidikan Agama Isam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learning) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus Keberlangsungan Pendidik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 2, 298–314.

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99–107.

Nuary, R. H., & Yuni, Y. (2022). Identifikasi Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Berkebutuhan Khusus Di SMP Bunda Kandung Jakarta Selatan. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(Vol 12 No 2), 17–28. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i2.6515

Nugroho, A., & Mareza, L. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 2, Oktober 2016 MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(2), 147.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Romadhon, K., Rokhimawan, M. A., Irfan, I., Fajriyani, N. A., Wibowo, Y. R., & Ayuningtyas, D. R. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Ulak Kedondong). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1049. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2239

Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.378

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah