EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBASIS MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELASVIII SMP SYARIFATUL ‘ULUM WIDODAREN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) berbasis media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa dalam matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) berbasis media visual tiga dimensi pada kelas eksperimen dan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Syarifatul ‘Ulum Widodaren semester genap T.A 2023/2024 yang berjumlah 73 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen 16 siswa di kelas VIII PA 1 dan kelas kontrol 18 siswa di kelas VIII PA 2. Metode pengumpulan data menggunakan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis. Dengan menggunakan data analisis pada taraf signifikasi (a) = 0, 05 memberikan hasil hipotesis (Uji T) yaitu thitung = 3,002 dan t tabel = 2,036 dimana thitung≥ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbasis media visual tiga dimensi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Syarifatul ‘Ulum Widodaren T.A 2023/2024.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, TSTS, Media Visual Tiga Dimensi.Full Text:
PDFReferences
Alpian, Y., Anggraeni, S.W., Wiharti, U & Soleha, N.M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian. Vol. 1. No. 1. 67.
Annizar, A.M. (2020). Problem solving analysis of rational inequality based on.
Asmawati, Andi, Abdul Karim, and Ilham Nur Iman. (2020). Pengaruh model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, No.2: 123-134.
Hendrayati, H., Acharsyah, M, dan Egryas R. (2018). The Trial of the Cooperative Learning Models of Two Stay Two Stray and Talking Stick on Students’ Mathematical Communication. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 253: 317-320.
Ali, Ismun. (2021). IAI An Nur Lampung, Jurnal Mubtadiin, 01 Januari-Juni; 247
Khadzik, Muhammad. (2019). Skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Koooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Magelang: Universitas Muhammadiyah.
Kholil, Mohammad, and Silvi Zulfiani. (2020). Faktor-faktor kesulitan belajar matematika siswa madrasah ibtidaiyah da’watul falah kecamatan tegal dlimo kabupaten banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary
Kusuma, Ardi Wira. (2021). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal. E-Journal UNP.ac.id Konselor, No.1 (2018): 26-30. No. 1: 2.
Rahmawati, Arum Dwi. (2021). Kreatifitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Masa Pandemi Pada Materi Persamaan Liniear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Modern Volume 06 Nomor 02.
Seto, Stefania Baptis, dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Assesmen Pembelajan Matematika. JUPIKA: Jurnal pendidikan matematika Universitas Flores, No. 1: 31-37.
Thifal, Rizka F., Sujadi, and Arigiyat. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, No.2: 175-184.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam prembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.377
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











