PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETHNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis ethnomatematika dengan tema jajanan pasar khas Banjar, guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTs AS-SAKINAH. Materi yang dibahas meliputi bangun ruang sisi datar, khususnya kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian meliputi dosen, guru, dan siswa yang terlibat dalam uji validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata 95%, sangat praktis dengan skor rata-rata 91%, dan sangat efektif dengan skor rata-rata 90%. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan nilai Gain sebesar 0,77, yang masuk dalam kategori tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa bahan ajar berbasis ethnomatematika ini efektif dan sangat memuaskan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: Bahan Ajar, Ethnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisFull Text:
PDFReferences
A Prastowo. (2013). Pengembangan bahan ajar tematik. DIVA Press.
Aisyah, I. H., Sekarwati, M., Hadiningsih, H. R., & Satrio, A. (2023). Inovasi Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika Pada Makanan Tradisional Sumpil Terhadap Kemampuan Literasi Peserta Didik. Prosiding Santika: Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 3, 356–370.
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366
Bahri, Saiful, and A. S. N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting diberikan disekolah dari semenjak SD , SMP dan SMA bahkan hingga kepe.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Fadila, D. R., & Marsigit. (2017). the Development of Teaching Material Based on Ethnomathematics for Improve Achievement and Motivation To Learn of Junior High School Students. Fadila Dyah R.), 69.
Hamidah, F. S., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Bahan Ajar Berbasis Challenge Based Learning Bernuansa STEM terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 52–59.
Indrawini, T., Amirudin, A., & Widiati, U. (2017). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. Graduate School Conference (Universitas Negeri Malang), 1–7.
Iverson, B. L., & Dervan, P. B. (n.d.). Problem Based Learning dalam kurikulum 2013.
Jurnal, J. M. N., & Nusantara, M. (2022). 1 , 2 , 3. 5(1), 102–109.
Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika The Development of Problem-Based Mathematics Instructional Materials Oriented to Students ’ Mathematics Problem Solving Skill and Students ’. Indonesian Journal of Mathematics Education, September.
Kristial, D., Soebagjoyo, J., & Ipaenin, H. (2021). Analisis biblometrik dari istilah “Etnomatematika.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 178–190. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.62
matematika berbasis masalah untuk siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2667
Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326
Rini Husna Azzahra, & Heni Pujiastuti. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 153–162. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.876
Rozalina, S., & Nurdalilah, N. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan blended learning berbantuan edmodo. Journal of Didactic Mathematics, 3(3), 143–150. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i3.1577
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605
Tira Silvia & Sri Mulyani. (2019). DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEETS ( LKPD ) ETHNOMATEMATICS BASED ON LINE AND ANGLE MATERIALS. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT, 1(2).
Wewe, M., Kau, H., Studi, P., & Matematika, P. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti ETNOMATIKA BAJAWA : KAJIAN SIMBOL BUDAYA BAJAWA. Jurnal Ilmiah, 6(2), 121–133. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551652
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.376
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











