IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V DI SDN SIDOREJO LOR 03
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan oleh siswa untuk memecahkan masalah matematika baik pada kehidupan sehari-hari atau pembelajaran, komunikasi dan pemecahan masalah sangat saling berkaitan dalam matematis. Dimana penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V dengan implementasi model discovery learning pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) yang telah dilaksanakan secara dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas VA SD Negeri Sidorejo Lor 03 Salatiga sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil evaluasi komunikasi matematika pada siklus I dan siklus II sebesar 73,57 dan 83,57 ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 15 peserta didik 53,57% yang meningkat pada siklus II sebanyak 23 peserta didik 82,1%. sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi model discovery learning mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V-A SD Negeri Sidorejo Lor 03 Salatiga
Kata kunci: Discovery learning, komunikasi matematis, PTK
Full Text:
PDFReferences
Arfah, U., & Nia, K. (2022). Tingkat Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Disik Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal THEOREMS (The Original Research of …, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.24127/emteka.v3i1.1263
Ashim, M., Asikin, M., Kharisudin, I., & Wardono, W. (2019). Perlunya Komunikasi Matematika dan Mobile Learning Setting Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan 4C di Era Disrupsi. Seminar Nasional Matematika, 2, 687–697.
Darmawan, D. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya.
Fazriansyah, M. F. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 275–283.
Hanida, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Bahan Ajar Tematik, Terpadu Berbasis Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2).
Indriani, W. D., & Pasaribu, L. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Hybrid Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 291–299. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1196
Karomah, F., & Pujiastuti, H. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Kelas IX Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal THEOREMS (The Original Research of …, 8, 104–112. https://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/th/article/view/4933
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Lestari, D., & Kusno. (2023). Studi Literatur: Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 161–166.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.
Nurhanifah, S., Effendi, A., & Nuraida, I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Blended Learning Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 111. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6173
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838.
Qodriah, C. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Siswa: Studi Kasus Di MTSN 2 Pidie Jaya. 04(02), 103–115.
Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & BI. Ansari. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038
Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal UNIMED, 18.
Siti Muharramah, & Wingston Leonard Sihombing. (2024). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Konvensional pada Tingkat SMP. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 385–399. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2544
Suharna, H., & Hi Abdullah, N. (2020). Kemampuan Berpikir 4C Matematika dalam Pembelajaran di Masa Covid-19 Terutama Di Era New Normal. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 178–185. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2295
Sumartini, T. S. (2017). Meningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Predict Observe Explanation. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(2), 167. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.689
Susilo, J. (2018). Analisis Metakognisi Terhadap Komunikasi Matematika dalam Blended Learning Menggunakan Google Classroom. Universitas Negeri Semarang.
Trisnani, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD Kelas V Melalui Tipe Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 92–102. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p92-102
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.375
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











