PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN OPEN ENDED (OE)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistic berbasis problem based learning dan open ended ditinjau secara keseluruhan dan kemampuan awal matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian eksperimen semu ini adalah nonequivalent control-group design. Pemilihan subjek pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dilakukan secara acak karena dalam pelaksanaannya subjek sudah berada dalam kelas tertentu. Penelitian dilaksanakan pada Bulan September 2023 – Oktober 2023. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelasVII di MTs Negeri 2 Deli Serdang pada Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel ini digunakan untuk melakukan penelitian, diantaranya adalah kelas eksperimen sebanyak 2 kelas dan 1 kelas kontrol sehingga terdapat tiga kelas yang dijadikan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa Pembelajaran menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Open Ended lebih baik dibandingkan dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika pada materi pokok Lingkaran dilihat dari Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis.
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, A. S. (2023). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Challenge Based Learning Terintegrasi STEM. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris, 344–355.
Gunur, B., Ramda, A. H., & Makur, A. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Masalah Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Sikap Matematis Siswa [the Influence of the Problem-Based Learning Model Assisted By Open-Ended Problems Towards Mathematical Critica. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 1–15.
Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. Jupenji : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 101–109.
Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120–132.
Mazid, M. I., Apriani, S., Cahyani, V. R., Sanjuwatma, D., & Harahap, S. M. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas V Di SD Negeri Sidodadi, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(4), 788–798.
Riyana, C. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Ragam Tulis Terintegrasi Berbasis Multiliterasi Terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2), 765–774.
Sadri, M., Darsih, T. K., & Yusrah, Y. (2023). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1083–1091.
Saputro, K. H., Amita, P., Prasasti, T., Raharjo, S. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Padas Pada Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1593–1611.
Zamroni, I. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Keterampilan Berfikir Kreatif Berbasis Pengembangan Masyarakat. Jurnal Pengembangan Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2(2), 19–33.
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i1.374
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











