PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP SISWA SMP NEGERI 7 MEDAN

Agus Leonardo, Nurliani Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik yang valid, praktis dan efektif serta meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui lembar kerja peserta didik. Jenis penelitian ini adalah pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengambangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi sebanyak 35 orang. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan tujuan yang diinginkan yaitu menghasilkan lembar kerja peserta didik yang valid, praktis dan efektif serta kemampuan pemahaman konsep siswa dengan kategori tinggi . Lembar Kerja Peserta didik ini dikategorikan sangat valid oleh validator ahli materi dengan persentase 90,06% dan validator ahli media dengan persentase 84%. Berdasarkan ketuntasan siswa, lembar kerja peserta didik ini dinyatakan sangat efektif dengan persentase ketuntasan 89%. Lembar kerja peserta didik ini dinyatakan sangat praktis dilihat dari respon guru dengan persentase 92,85% dan respon siswa dengan persentase 89,50%. Tingkat pemahaman konsep pada siswa tergolong sedang dengan rentan nilai 0,30-0,70.

References


Benny, A. P. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Bistari. (2010). Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol.1 No.1

Borg, W. R. & Gall, M. D. Gall (1989).Educational Research : An Introduction, Fifth Edition. Longman. New York.

Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Boston, MA: Springer US.

Dahar, W. R. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Devi, dkk. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Guru SMP, Jakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).

Euis Karwati & Juni Priansa. (2015). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Fauzan, A. (2001). Pendekatan Matematika Realistik Suatu Tantangan dan Harapan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Gravemeijer. (2004). Developing Realistic Mathematics Education. Ultrech: Freudenthal Institute

Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan. Perc.EDIRA.

Herawati. (2018). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 2 No. 1 : 46-62.

Hudoyo, Herman. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rohani.2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematika Siswa SMP Muhammadiyah-24 Aekkanopan.Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.

Wardani. (2010). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v8i1.359

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah