ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP SWASTA BAHAL BATU SIBORONG-BORONG

Aprizal Panjaitan, Nurhasanah Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa VII di SMP Swasta Bahal Batu Siborong-borong ditinjau dari indikator komunikasi matematis setelah diberikan model pembelajaran Problem Based Learning dan mengetahui kesulitan yang dialami siswa VII di SMP Swasta Bahal Batu Siborong-borong dalam menyelesaikan masalah komunikasi matematis setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari indikator komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VII di SMP Swasta Bahal Batu Siborong-borong yang berjumlah 30 orang, kemudian diangkat untuk subjek wawancara berdasarkan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa yang berbeda (tinggi, sedang, rendah). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes meliputi kemampuan komunikasi matematis dan metode wawancara. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP Swasta Bahal Batu Siborong-borong setelah diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Leaning (PBL) diketahui bahwa  36.67% siswa dengan kategori rendah tidak memenuhi kemampuan komunikasi matematis, 40.00% siswa dengan kategori sedang tidak memenuhi kemampuan komunikasi matematis dan 23.33% siswa dengan kategori tinggi memenuhi kemampuan komunikasi matematis. Setelah dirata-ratakan, indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang paling tinggi persentasenya adalah menyatakan masalah kehidupan sehari-hari ke dalam simbol atau bahasa matematis dan menuliskan informasi dari pernyataan ke dalam bahasa matematika dengan presentase sebesar 66.67%, sedangkan indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang paling rendah adalah menginterpretasikan gambar atau simbol matematis ke dalam model matematika dengan persentase sebesar 46.67%. (2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa kelas VII di SMP Swasta Bahal Batu Siborong-borong dalam kemampuan komunikasi matematis pada siswa berkemampuan komunikasi matematis rendah yaitu mengalami kesulitan fakta, konsep, operasi dan prinsip. Pada siswa berkemampuan komunikasi matematis sedang, siswa mengalami kesulitan fakta dan konsep.

References


Arifin, Z, dkk, (2016), Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi UNEJ 2016, III (2), hal: 9-12

Arikunto, S., (2017), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2), Bumi Aksara, Jakarta

Khaini, F. N, (2017), Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Mengubah Soal Cerita menjadi Model Matematika pada Siswa Kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. Jurnal Riset dan Konseptual, BRILIANT, Volume 2 Nomor 4, Hal: 459-469

Komalasari, K., (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi, Refika Aditama, Bandung

Moleong, 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosda, Bandung

Ritonga, H.D., dkk, (2017), Kemampuan Koneksi Matematika antara Penguasaan Pecahan dengan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Prosiding 6 Mei 2017

Romlah, dkk, (2019), Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP MUTIARA 1 Bandung Pada Materi Bentuk Aljabar, Journal On Education, Volume 01, No. 02, Februari, hal: 37-45

Shoimin, A., (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta

Siregar, N.R., (2017), Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game, Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, ISBN: 978-602-1145-49-4, hal: 224-232

Sugiyono, (2018), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung

Supriyadi, E.W.A., dkk, (2017), Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) Siswa SMK Kelas XI Jurusan Multimedia Pada Pokok Bahasan Hubungan Antar Garis, Kadikma, 8(1), 128–136

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana, Surabaya

Wahyudin, Z., (2017), Penelitian Pendidikan Matematika, PT Revika Aditama, Karawang




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v8i1.358

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah