ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA MELALUI AKIBAT DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA BRIGJEND KATAMSO T.P 2020/2021

Onatri Francisca, Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran daring matematika di SMK Brigjend Katamso. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang berfokus pada analisis holistik dan kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami. Penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas X sebagai subjek penelitian dan menggunakan 20 item pernyataan untuk mengukur persepsi mereka terhadap pembelajaran daring. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Brigjend Katamso, Medan, selama bulan Mei hingga Juni 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring matematika di SMK Brigjend Katamso termasuk dalam kategori cukup efektif. Secara rinci, 4 siswa (16,7%) mengkategorikan pembelajaran sebagai sangat efektif, 9 siswa (37,5%) menganggapnya efektif, dan 11 siswa (45,8%) menilai pembelajaran daring cukup efektif. Tidak ada siswa yang menilai pembelajaran daring sebagai kurang efektif atau tidak efektif. Temuan ini mengindikasikan bahwa mayoritas siswa merasa pembelajaran daring matematika di sekolah mereka berfungsi dengan baik, meskipun ada ruang untuk peningkatan lebih lanjut.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara

Bilfaqih, Yusuf. 2012. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish

Bungin, Burhan. 2013. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Budiningsih, C. Asri. 2012. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1): 55-61.

Erikanto, Chandra. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Gagne. 2014. Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik. Jakarta : PT Asdi Mahasatya

Hakiman. 2020. Pembelajaran Daring. https://iainsurakarta.ac.id/%EF%BB%BFpembelajaran-daring/ (diakses pada tanggal 6 Mei 2021, pukul 15.06 WIB)




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i1.355

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah