PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA CURIPOD DI KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN

Risna Ula Siregar, Saiful Bahri, Desniarti Desniarti, Seprianti Harahap, Rosalia Rusline Simanjuntak

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan menggunakan media Curipod. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas XI TKR 4 di SMK Negeri 2 Medan, dengan materi ukuran pemusatan data. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil belajar matematika pada pra siklus, ditemukan bahwa hanya 8 dari 31 siswa atau 25,8% yang mencapai ketuntasan belajar, dengan rata-rata kelas 61,74. Setelah menerapkan model pembelajaran PBL menggunakan media Curipod pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 23 dari 31 siswa atau 74,2%, dengan rata-rata kelas 76,68. Pada akhir siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat lagi menjadi 28 dari 31 siswa atau 90,3%, dengan rata-rata kelas 84,87. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa dari pra siklus hingga siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan media Curipod di kelas XI TKR 4 SMK Negeri 2 Medan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa

Full Text:

PDF

References


Ade, Jufri. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Operasi Bilangan Bulat.” Jurnal Ilmiah Matematika, Volume. 4. Nomor 1. Juni 2023, 54-67.

Bahri, Saiful. 2020. “Pengembangan Peta Konsep Pada Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa”. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 3 (1), 2020, 13-2.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Latif, M Fahmi & Agus, S. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 5 Kota Bengkulu”. Triadik, Vol 22 No 1: 2023.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru.Jakarta: Rajawali Press.

Mathisen, L & Siri, U. S. 2024. The becoming of online students’ learning landscapes: The art of balancing studies, work, and private life. Computers and Education Open 6 (2024) 100165 Published by Elsevier Ltd. This is an open access article under the CC BY license

Pratiwi, Indah. 2019. Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia PISA Effect On Curriculum In Indonesia. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 4, Nomor 1, Juni 2019.

Punia, I. Wayan. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Journal of Education Action Research, Volume 4, Number 3, Tahun Terbit 2020, pp. 354-362.

Rahayu, S. V. D., Fauzi, F. Restu., & Susanty, Arie. 2023. Enhancing Student Independence through the Integration of Learning with Artificial Intelligence Tools. ODELIA: Southeast Asia Journal on Open Distance Learning, Vol 01, No.02, December, 36 – 47.

Satrina, Syawaluddin, A., & Sahruddin, A. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 3 Nomor 2 Juli 2023 Hal. 631-639.

Setiawati, Sulis., Faradisa, I., Subroto., Mudhofar., & Untu, Zainuddin. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2023, 62-65.

Syamsuriyawati. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa Semester Iii Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muslim Maros. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 2, Desember 2020, 72-73.

Tasanif, H. N., & Djababu, M. A. 2022. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Pada Siswa Kelas XI IPS 2 Sma Kristen Dian Halmahera. Jurnal Ilmiah Matematika, Volume. 3. Nomor 2. Desember 2022, 49-65.

Triyatun. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar melalui Model Problem Based Learning. Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2022, 1370-1374.




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v7i1.354

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah