Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran berbasis Problem Posing dalam rangka meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Model pembelajaran problem posing menghendaki mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau belajar soal (berlatih soal) secara mandiri ataupun kelompok. Melalui pertanyaan-pertanyaan tersebut, mahasiswa dituntut agar mau berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah yang diberikan. Adapun sintaks pembelajaran yang dihasilkan yaitu 1. Perencanaan Pengajaran (berupa persiapan pengajaran di kelas), 2. Proses Belajar-Mengajar di kelas yaitu (i) pembuatan soal (problem posing), (ii) saling bertukar soal (iii) diskusi grup (iv) pembahasan dan 3. Penutup. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang meliputi 4 tahap penelitian yaitu definisi, desain, pengembangan dan penyebaran. Objek pada penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa Universitas Dehasen Bengkulu semester IV dan VI pada matakuliah Metode Numerik Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 orang terdiri dari 20 laki-laki dan 12 perempuan. Mahasiswa dibagi menjadi 8 kelompok dimana 1 kelompok berjumlah 4 orang. Didalam penelitian pengembangan model pembelajaran berbasis problem posing ini menghasilkan buku ajar berbasis problem posing. Berdasarkan pengembangan model pembelajaran problem posing yang dilaksanakan di kelas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran problem posing dan semua perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif serta hasil belajar mahasiswa meningkat
References
Heather, Steve, dan Stephanie. 2013. Handbook Teaching and Learning (Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi). Riau: Zanafa Publishing.
Irwan. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search,
Solve, Create and Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Vol 12. No. 1 jurnal.upi.edu/file/irwan.pdf (diakses tanggal 03Maret 2014).
Mahmudi, Ali. 2008. Pembelajaran Problem Posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Makalah seminar nasional matematika, FMIPA UNPAD, 13 Desember 2008. http://www.scribd.com/doc/60621591/Makalah-03-Semnas-UNPAD-2008-Problem-Posing-Utk-KPMM (diakses tanggal 03 Mei 2017)
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta