Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terdahap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Nur Afni

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa, hal ini ditandai dengan aktivitas siswa pada kelas kontrol dengan rata-rata 0,466% dengan kategori ”kurang aktif” sedangkan aktivitas siswa dikelas eksperimen dengan rata-rata 82,5% berkategori “tinggi. Selanjutnya hasil analisis deskriptif hasil belajar matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan model kooperatif tipe NHT pada data pretest kelas kontrol dengan rata-rata 67,76 dan kelas eksperimen dengan rata-rata 70,46. Sedangkan hasil belajar matematika kelas eksperimen yag sesudah menggunakan model kooperatif tipe NHT pada data postest, kelas kontrol dengan rata-rata 75,05 dan kelas eksperimen 80,56. Dari hasil perhitungan uji hipotesis yang diperoleh thitung = 2.5867 dan ttabel = 1.67033 yang memberi kesimpulan bahwa H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Dimyanti & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelaaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman. A.M. 2014. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Shoimin, A. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutikno, S.M. 2014. Pemimpin dan gaya kepemimpinan, Edisi Pertama Lombok: Holistika.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.314

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah