Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Abstract
Gardner dalam bukunya mengatakan bahwa kecerdasan manusia itu tidak tunggal, tapi majemuk (Multiple Intelligence), bahkan bisa dikatakan tak terbatas kecerdasan yang diharapkan mampu membantu siswa untuk menyelesaikan berbagai problem yang ada pada dirinya. Sehingga siswa dapat berpikir kritis, kreatif, mampu memecahkan masalah dengan baik. Dari delapan kecerdasan yang ada, kecerdasan spasial-visual diduga berpengaruh pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi vector. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah vector di R2 dan R3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data yaitu teknik pengukuran, alat pengumpulan data berupa tes kecerdasan visual spasial dan tes kemapuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan Visual spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah vektor dengan perolehan nilai Fhitung 19.467 > Ftabel 3.94 dengan besarnya pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 16.6%.
Full Text:
PDFReferences
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234
Akhmad, M. W. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis dan Kecerdasan Spasial-Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas IV di MI Darul Ulum Kota Batu. Central Library of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang, 1–142.
Alfiyah1, Z. N., & , Sri Hartatik2, Nafiah3, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Zuraida. Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Andriyani, M., Pranata, O. H., & Karlimah. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Bilangan Cacah pada Siswa Kelas V SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 292–300. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072–1082. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334
Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65
Aryanti, R., & Ferdianto, F. (2019). Identifikasi kemampuan visualisasi siswa smp. Ejournal, 1(1), 400–410.
Buana, R. S. (2018). Pengaruh kecerdasan spasial visual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika (survei pada siswa sman di kota tangerang selatan). Alfarisi : Jurnal Pendidikan MIPA, 1(2), 196–203.
Damayanti, F., Sarah, R., Iskandar, F., & Safitri, P. T. (2022). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial Dan Kreativitas Siswa Terhadap. 33, 22–29.
Hamidah, Nur; Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Husna, E. N., Rezani, R. M., Syahria, & Noviyanti, S. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di sekolah Dasar. Al-Irsyad, 4(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(02), 463–474.
Pramesti, S. L. D., & Oktalia, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. 1, 49–60.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Salfa Nabila, A., & Chaniago, Z. A. (n.d.). Macam Kecerdasan Menurut Howard Gardner, Serta Macam Intelegensi.
Setiani, Y. (2018). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Literasi Kuantitatif Mahasiswa Calon Guru Matematika. 9(1), 38–46.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830
Triwulandari, S., & U.S, S. (2022). Jurnal Utile. VIII(Nomor 1), 115–122.
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.311
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah