Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Segi Empat
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah model pembelajaran Kontekstual pada materi segi empat 2) Untuk mengetahui perbedaan yang pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan model Pembelajaran Kontekstual pada materi segi empat. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu penilitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan akibat pengaruh dari suatu perlakuan yang dikenakan pada subjek. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII–B MTs Al Wasliyah berjumlah 60 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil Diperoleh Pembelajaran Berbasis Masalah adala 32.233 dan pada kelas Kontekstual 29.800. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh tidak berada dalam interval yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan model pembelajaran Kontekstual pada materi segiempat
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v1i2.31
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











