Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Analisis Newman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan dalam penyelesaian matematika soal-soal trigonometri berdasarkan analisis Newman, (1) soal kesalahan pembacaan, (2) kesalahan pemahaman masalah, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, (5) kesalahan penulisan jawaban akhir dan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan sebagian besar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kesalahan penyelesaian masalah matematika trigonometri berdasarkan Newman Analisis pada siswa kelas X MIA SMA Al'Mashum Kisaran Barat adalah error soal membaca sebesar 4%, error soal pemahaman sebesar 54,4%, error transformasi sebesar 63,6%, error keterampilan proses sebesar 64,%, error dalam menulis. jawaban akhir sebesar 80,9% dan kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa pada kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 80,9%
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Bandung: Rineka
Cipta.
Ernawati. (2014). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan luas dan volume bangun ruang siswa kelas VIII SMP Piri Ngaglik. Skripsi. Yogyakarta : Universitas
Sarjanawiyata Tamansiswa.
Marsigit. (2009). Matematika SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudhistira Rokhimah, S. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Berdasarkan Prosedur Newman.
Tersedia: https://www.jurnal-online.um.ac.id.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
White, A. L. (2009). A Revaluation Of Newman’s Error Analysis. Tersedia : https://www.mav.vic.edu.au/files/conferences/2009/08White.pdf
Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Pembuktian Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. 46(2), hal: 106-113
DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.308
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah