Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching Learning

Delvia Oktari Harahap, Cut Latifah Zahari

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mendiskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita system persamaan linear tiga variabel berdasarkan analisis kesalahan Newman dan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Newman kemudian dilakukan wawancara untuk mendiskripsikan factor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita system persamaan linier tiga variabel adalah 1) kesalahan membaca soal, meliputi tidak menggerti kata kunci dari soal. 2) kesalahan memahami soal, meliputi tidak menuliskan hal apa yang diketahui dan hal apa yang ditanya dalam soal, tidak lengkap menuliskan hal yang diketahui dalam soal. 3) kesalahan keterampilan proses, meliputi tidak menyelesikan metode penelitian, tidak menuliskan cara perhitungan yang benar. 4) kesalahan penulisan jawaban akhir, meliputi tidak menuliskan jawaban akhir yang diminta dalam soal. Factor-fsktor penyebab kesalahan siswa adalah tidak terbiasa menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan dan tidak paham dengan metode perhitungan yang digunakan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2012. Anak berkesulitan belajar. Rineka Cipta

Arif Priyanto, dkk. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori kesalahan Newman di Kelas VII A SMP Negeri 10 Jember. Universitas Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2015, 1(1): 1-5

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian.Jakartan: Rineka Cipta.

Ayunngtia, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dan Minat Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas VII MTs Swasta Citra Amanah Sei Glugur. (Skripsi) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Medan.

Irfandi, Ihsan Pakpahan. 2016. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal cerita dan Solusinya berbasis Metode Newman dalam Pembelajaran Berbasis Masalah pada Topik SPLDV siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Medan T.A. 2015/2016. Medan: Universitas Negeri Medan

Karnasih, Ida. 2015. Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis. Medan: Jurnal FMIPA Unimed.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Marpaung, Nur Queen. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Di MTs Swaasta Aisyiyah Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi., Riyadi., dan Sri Subanti. 2015. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 3 No.4. halaman 370-382.

Ni Putu Vivin, dkk. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Uraian Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus, Denpasar: Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha.

Panjaitan, D. J., & Indriani, I. (2021). Media kartu domino untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi logaritma. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 17-25.Puspita, Desi. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Regulated Learning SIswa Sekolah Menengah Atas: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Ramadhani, Amanda Syahri Nasution, Desniarti. 2021.Model Peningkatan Minat Belajar, Kemampuan Penalaran Dan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Media Sosial, Medan: Seminar Hasil Penelitian 2020.

Salmiah, Siti. 2020. Analisis Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran Matematikadi Kelas viii SMP Negeri 2 Tiga Binanga Tahun Pelajaran 2019/2020: Universitas Quality Medan.

Sahjuan Umasangaji, dkk. 2021. Analisis Kesalahan Skill dalam Menyelesaikan Soal Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Pada Studi Kasus Siswa Kelas X Mia 6 SMA Negeri 4 Kota Ternate, Ternate: Jurnal Pendidikan Guru Matematika.

Sugiyono. 2014. Kesalahan Prosedur Newman Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal ilmiah STKIP Ngawi Vol. 13 No.1(2014) p58-p64 pendidikan

Sugiyono. 2014. Metode Peneltian Kombinasi (mixed methods), (Bandung: Alfabeta, 2018) hal : 334-345

Umam, Dliwaul, Muhammad. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ceita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan, Surabaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.305

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah