Learning Obstacle Siswa Kelas XI SMP Pada Materi Garis Singgung Lingkaran

Ambar Dwi Lestari, Abdul Mujib, Desniarti Desniarti

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) menemukan learning obstacle yang dialami siswa dalam memahami materi garis singgung lingkaran, dan (2) Memberikan alternatif desain yang efektif dalam mengatasi learning obstacle yang dialami siswa dalam konsep garis singgung lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif, partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMP Swasta Sabilina Tembung, tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI.  Jenis data kualitatif yang digunakan  berupa instrumen tertulis dan instrument non tes. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan instrumen tertulis untuk mengidentfikasi learning obstacle dan untuk instrumen non tes digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal atau latihan-latihan yang berbentuk garis singgung sehingga peneliti mengindikasikan bahwa terjadinya learning obstacle. Peneliti tidak mendapati learning obstacle bentuk didactical obstacle dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring sehingga peneliti tidak dapat melakukan observasi lapangan dan observasi pembelajaran yang mengakibatkan peneliti tidak dapat mengungkap adanya didactical obstacle pada materi garis singgung lingkaran

Full Text:

PDF

References


Al-Rasyidin & Wahyudin N.N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Ariyanti. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi Di Bank Syariah. Surakarta. Skripsi S-1. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.

Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situation in Mathematics. Dordrecht: Kluwer Academia Publieshers.

Damayanti,R.N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Dyscaculia Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat. (Skripsi). FKIP, Universitas Pancasakti Tegal.

Depdiknas. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan.

Ernasari, T. (2016). Desain Didaktis Materi Jenis Dan Besar Sudut Berdasarkan Analisis Learning Obstacle Pada Buku Paket Teks Matematika Kelas III Sekolah Dasar Di Kota Serang. Skripsi. UPI.

Evayanti, M. (2013). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Jajargenjang Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isnani, D. (2020). Kesulitan Siswa Kelas VIII Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Di Smp Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019//2020. (Skripsi). IAIN Salatiga.

Khiat, H. (2010). A. Grounded Theory Approach: Conceptions of Understanding in Egineering Mathematics Learning. The Quantum Report. 15, pp. 1459-1488.

Marnoko. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Akuntansi Terhadap Prestasi Siswa IPS Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal UNPAB Medan.

Muliawati, N. (2019). Learning Obstacle terkait Konsep Bangun Datar Segiempat: Sebuah Studi Fenomenologi Hermeneutik (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)

Munandar. S. C. U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

Nasution, a.r (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Nasution,L,J. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Kurikulum 2013 Kelas IV SD Negeri 101871 Sidodadi Batang Kuis. (Skripsi). FKIP, Universitas Negeri Sumatera Utara

Nur'ela. (2013). Desain Didaktis Konsep Garis Singgung Lingkaran Pada Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Rismawati, Y., Nurlitasari, L., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Karakteristik Learning Obstacle Siswa SMP Dalam Manyelesaikan Soal Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 99–106.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subini, N. (2012). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka

Sudjana, N. & Rivai, A. (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, S. & Ramadhani, D. (2016). Analisis Learning Obstacle Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Penjumlahan Pecahan Pada Siswa Kelas. Jurnal Seuneubok Lada, 3(2), 77–83.

Suryadi, D. (2016). Didactical Design Research (DDR): Upaya membangun kemandirian Berpikir Melalui Penelitian Pembelajaran. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNSWAGATI, 6 Februari 2016.

Ulfa, N. (2019). Analisis Hambatan Belajar Dan Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran Yang Dilakukan Oleh Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Kastolan.

Varera, L. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Tekstil Kelas X Busana SMK Islam Moyudan. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta

Wahyuni, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 10-23.

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma, 8(1), 76–86.




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.302

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah