Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Quantum Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah & Yunianta. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri” dalam AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro Volume 7(3) (hlm. 434-443).
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Aisah, S. E., & Novialita A. W. 2021. “Pengembangan E-Modul berbasis Quantum Learning Subtema Perubahan Lingkungan Kelas V SD Negeri Pulogede 1” dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masayarakat Volume 6 (1) (hlm. 349-353).
Basya, Y. F., Aulia F. R., & Nurul A. 2019. “Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep” dalam Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) Volume 1 (1) (hlm.1-9).
Farida, D. I. 2016. Pengembangan Komik Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Pembelajaran di SMP (Skripsi). Tidak Diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Kartiansyah, A. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Melalui Pendekatan Tipe Kooperatif Tim Accelerated Instruction (Tai) Terhadap Prestasi Belajar Beton Bertulang Di Smk N 2 Garut (Disertasi Doktor, Universitas Pendidikan Indonesia).
Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ningsih, M. P., Sugiyanti & Lilik A. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning dan Active Learning Berbantu Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI” dalam Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Volume 3 (5) (hlm. 366-374).
Nurtasari, H. R. & Manoy, J. T. 2016. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Media Tangram pada Pembelajaran Matematika Materi Jajargenjang dan Belahketupat” dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 (5) (hlm. 1-11).
Pratiwi, S., & Yarman. 2020. “Analisis Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 15 Padang” dalam Jurnal Pendidikan dan Penelitian Matematika Volume 9 (4) (hlm. 134-137).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas Viii SMP” dalam Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Volume 2 (5) (hlm. 534-549).
Widoyoko. S., & Eko P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widoyoko, S., & Eko P. 2016. Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijayanto, E. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Game Edukasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kajartengguli Prambon Sidoarjo” dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 5 (3) (hlm. 338-347).
Winarni, E. W. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Akasara.
Wardani, A. 2019. “Pengembangan Media Quiet Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Ekosistem Kelas V SDN 2 Wrinnginanom Kecamatan Weinginanom Kabupaten Gresik” dalam JPGSD Volume 7 (1) (hlm. 2478-2491).
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.292
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











