Analisis Ragam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Peluang

Siti Hajar, Abdul Mujib, Cut Latifah Zahari

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk menganalisis Ragam kemampuan berpikir kritis siswa SMAS Al Ma'shum Kisaran BRT pada materi peluang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 maret 2022 yang bertempat di SMAS Al Ma'shum Kisaran BRT dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS-1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis, siswa tergolong kurang dan sangat kurang pada indikator 2, 3, 4. Adapun indikator kemampuan berpikir kritis yang sering muncul adalah kemampuan menginterpretasikan/klarifikasi.

Full Text:

PDF

References


Abid, M.M dan Rahaju, E.B. (2018). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Turunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sensing Dan Intuitive. Mathedunesa, 7(2), 340-349.

Chukwuyenum, A.N. (2013). Impact of Critical Thinking of Perfomance in Mathematics Among Senior Secondary School Studnet in Logos State. Journal of Research & Matode in Education, 3(5), 18-25.

Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–8.

Meriyanti, M., Pratiwi, R. H., Gresinta, E., & Sulistyaniningsih, E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP terhadap mata pelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Google Classroom. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 226–232.

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Sma. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 116–125.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.288

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah