Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa Tingkat SMA/Sederajat Pada Masa Pandemi di wilayah Deli Serdang

Desi Syahfitri, Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengtahui ada atau tidaknya pengaruh kecemasan matematika terhadap minat belajar siswa tingkat Sma/Sederajat pada masa pandemi di wilayah Deli Serdang. Dengan populasi dan sampel  penelitian siswa/i dari Sma Singosari, Smk Negeri 1 Patumbak, Sma Pab 9 Patumbak, Smk Ypi Deli Tua, dan Sma Karya Pembangunan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Two-Way Anova. Instrument yang digunakan pada penelitian ini merupakan  instrument non test berupa angket yang terdiri dari angket kecemasan matematika dan angket minat belajar siswa yang berjumlah 10 butir pertanyaan dari masing-masing angket. Adapun angket tersebut merupakan angket langsung tertutup yang dimana artinya alternatif jawaban telah tersedia pada angket, sehingga responden hanya perlu memilih salah satu jawaban yang sesuai dengan kondisi dirinya. Hipotesis awal dari penelitian ini yaitu “ adanya pengaruh kecemasan matematika terhadap minat belajar siswa”. Sedangkan berdasarkan hasil penelitian telah diperoleh hasil dari angket kecemasan matematika yaitu sebesar 63% sedangkan hasil angket dari minat belajar yaitu sebesar 67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh kecemasan matematika terhadap minat belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4 (2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Mirza, R., Lubis, A. F., Siagian, S. F., & Simamora, S. S. (2021). Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 21–30. https://doi.org/10.24036/

Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Matematika dalam Jaringan. Jurnal Elemen, 7(2), 407–424. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3522

Santoso, Singgih. 2017. Menguasai Statistik Dengan SPSS 24. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.285

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah