Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MTs pada Materi Kubus dan Balok

Nonon Syahfitriani Lingga, Hizmi Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa, dimana pada subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang siswa kelas VIII B MTs Al-Washliyah Gedung Johor Medan yang masing-masing 2 siswa mewakili dari setiap kemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes. Indikator kemampuan koneksi matematis dalam penelitian ini adalah kemampuan koneksi antar topik/konsep matematis dalam matemati, kemampuan koneksi dengan bidang lain, dan kemampuan koneksi dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa subjek yang berkemampuan awal memiliki kemampuan koneksi yang tinggi dengan mencapai 3 indikator, subjek yang berkemampuan awal sedang memiliki kemampuan koneksi yang sedang dengan mencapai 2 indikator dan subjek berkemampuan awal rendah memiliki kemampuan koneksi yang rendah dengan mencapai 1 indikator kemampuan koneksi matematis

Full Text:

PDF

References


Adha, I. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MTs Kelas VIII Pada Materi Lingkaran. Skripsi, 1-90.

Anandita, G. P. (2015). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Skripsi.

Apipah, S., Kartono, & Isnarto. (2018). An analysis of mathematical connection ability based on student learning style on visualization auditory kinesthetic (VAK) learning model with self-assessment. Journal of Physics: Conference Series, 983, 1-6.

Arief, R. M., & Surya, E. (2017). Analisis Model Pembelajaran Missouri Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa SMP. 1-8.

Azizah, M., & Fauziyah, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungaung. Jurnal Pendidikan Matematika Rafa, 5 (1), 1-9.

Bakhril, M. S., Kartono, & Dewi, N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 754-758.

Damara, G. O. (2018). Penilaian Kinerja Cerah Jaya Abadi Dengan Metode Blanced Scorecard. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3 (1), 72-80.

Dewi, A., & Imami, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Geometri. sesiomadika, 158-159.

Fani, A. A., & Effendi, K. N. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Pada Siswa SMP Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (1), 137-148.

Fauzy, M. I. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Permasalahan Persamaan Garis Lurus. Tesis.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hergenhehn, & Olson. (2009). Theories of Learnings (Teori Belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 1 (2), 309-316.

Latipah, E. D., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Jurnal Matematik, 1-12.

Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.

Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 724-731




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.279

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah